Awal Pendaftaran CPNS, Baru 224 Instansi yang Sudah Dapat Diakses

Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan bahwa pendaftaran CPNS sudah dapat dilakukan pada hari ini, Rabu (26/9).

Awal Pendaftaran CPNS, Baru 224 Instansi yang Sudah Dapat Diakses
Warta Kota/Joko Supriyanto
Kepala Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan. 

KEPALA Biro Humas BKN, Mohammad Ridwan mengatakan bahwa pendaftaran Calon Pegawai Negari Sipil (CPNS) sudah dapat dilakukan pada hari ini, Rabu (26/9).

Ia mengungkapkan bahwa hal itu sudah dapat dilakukan ketika dirinya mencoba secara langsung dengan mengunakan data keluarganya, untuk melakukan pendaftaran di situs resmi pendaftaran CPNS 2018 di link sscn.bkn.go.id pada pukul 01.00 dini hari tadi.

"Proses yang dijanjikan tanggal 26 sudah dapat terlaksanakan. Kedua kami BKN juga memberikan keleluasaan kepada instansi untuk mensetting persyaratan yang ada," kata Ridwan, Rabu (26/9/2018).

Namun, diungkapkan Ridwan pada di hari pertama pembukaan pendaftaran CPNS pada Rabu (26/9) baru 30 persen instansi pemerintah yang mengeluarkan jumlah formasi.

Dimana baru 224 instansi baik pemerintahan maupun daerah yang sudah go a live di server SSCN atau yang sudah menyediakan formasi finalnya di situs resmi CPNS.

"Sesuai data terkini instansi yang sudah go live dan sudah dapat dipilih ada 224 instasi terdiri 185 Pemerintahan Daerah dan 39 Kementerian dan Lembaga. Baru 30 persen yang sudah dapat dilakukan pendaftaran," kata Ridwan.

Meski secara keseluruhan belum sepenuhnya instansi masuk ke server situs CPNS, pihaknya masih memberikan kelongaran waktu untuk segera formasi tersebut, sehingga para pelamar tidak menunggu lama.

Dirinya menyebut batas pengumpulan formasi instansi yang belum rampung paling lambat pada 10 Oktober 2018 mendatang.

Namun walau begitu hingga saat ini jumlah instansi yang menyerahkan formasi terus bertambah.

"Jadi pemberkasan, pembuatan pertimbangan teknis, semuanya harus selesai Desember 2018 dan tidak boleh lewat. Jadi 26 (September) secepatnya registrasi akun bisa dihidupkan, walaupun skrg pilihannya baru 30 persen. Tapi masih banyak waktu untuk selesai sampai 10 Oktober," katanya.

Jika dilihat dalam data terakhir yang dikeluarkan BKN pada 23 September lalu, Rdwan mengungkapkan sudah ada 92 persen instansi yang terdiri dari 73 K/L dan 481 Pemerintah Daerah yang memberikan formasinya pada CPNS 2018

Menanggapi hal tersebut, Ridwan menyatakan, memang banyak instansi yang sudah memasukan berkas formasinya ke SSCN tapi ditarik kembali lantaran hendak merevisinya.

"Tapi bukan berarti mereka akan kurangin atau tambah jumlah formasinya. Yang 238 ribu (formasi total CPNS 2018) itu tetap, cuman paling ada pergeseran jumlah posisi di masing-masing instansi," ucapnya. (JOS)

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved