Alur Perjalanan Air Baku PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi Hingga ke Pelanggan

Alur Perjalanan Air Baku PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi Hingga ke Pelanggan

Warta Kota/Muhamad Azzam
Direktur Utama PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, Solihat Papak saat menjelaskan aliran air bersih sebelum sampai ke konsumen. 

WARTA KOTA, BEKASI---PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi merupakan perusahaan daerah pengolah dan penyuplai air bersih untuk wilayah Kecamatan Bekasi Utara dan Medan Satria.

PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi memiliki 31.000 pelanggan. Sumber air baku didapatkan dari Kali Bekasi maupun Kalimalang.

Direktur Utama PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi, Solihat Papak, mengatakan, air baku Kalimalang masuk ke sodetan Palanta yang lokasinya di belakang Islamic Center Kota Bekasi untuk kemudian mengalir ke aliran kali irigasi Jalan Perjuangan, Bekasi Utara, untuk diolah menjadi air bersih.

Kemudian baru disalurkan ke pelanggan melalui pipa dalam tanah.

Selain sumber air baku dari Kalimalang, PDAM Tirta Patriot Kota Bekasi juga menggunakan sumber air baku dari Kali Bekasi.

"Sumber air baku dari Kali Bekasi masuk ke Bendungan Nowo untuk menuju juga ke kali irigasi dekat kantor pengolahaan air bersih kami, baru mengalir ke pelanggan," katanya kepada Warta Kota, Rabu (26/9/2018).

Solihat Papak membutuhkan 3.000 liter atau tiga meter kubik air baku per detik untuk memproduksi air bersih.

"Dari air baku itu, kami olah hingga bisa memproduksi air bersih hingga 550 liter per detik," ujarnya.

Semenjak Kali Bekasi tercemar membuat pihaknya menutup Bendungan Nowo agar air Kali Bekasi tidak masuk.

"Turun produksi air bersih 30 persen, asalnya 550 liter per detik menjadi 450 liter per detik. Itu karena kami tidak pakak air baku Kali Bekasi, kalau air baku Kalimalang dibatasi karena berbagi dengan DKI Jakarta," katanya.

Halaman
123
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved