Lingkungan

Wakil Wali Kota Bekasi Imbau Pegawai Negeri Kurangi Pemakaian Kemasan Plastik

"Enggak ada air mineral, kalau ada rapat kita suruh bawa air sendiri dan sediakan gelas dan galon saja."

Wakil Wali Kota Bekasi Imbau Pegawai Negeri Kurangi Pemakaian Kemasan Plastik
Warta Kota/Muhammad Azzam
Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi-Tri Adhianto. 

WARTA KOTA, BEKASI--- Pemerintah Kota Bekasi sedang menggalakkan gerakan untuk mengurangi pemakaian kemakasan plastik di lingkungan Kantor Pemkot.

"Saya dan Pak Wali sudah perintahkan Aparatur Sipil Negara (ASN) menekan penggunaan plastik di wilayah setempat, kami mulai dari ASN lingkungan Pemkot Bekasi," kata Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, Selasa (25/9/2018).

Tri mengatakan, produksi sampah plastik atau anorganik sangat mengkhawatirkan karena mencapai 700 ton setiap hari.

"Ini kan bahaya, sampah plastik ini sulit terurai. Jumlah 700 ton cukup mengkhawatirkan bagi sebuah wilayah dengan luas 21.000 hektar," ucapnya.

Baca: Menteri Susi Sebut Indonesia Nomor Dua di Dunia Pembuang Sampah Plastik ke Laut

Menurut Tri, mulai saat ini Pemerintah kota Bekasi melarang kantor-kantor pemerintahan menyediakan makanan kemasan plastik seperti air mineral.

"Enggak ada air mineral, kalau ada rapat kita suruh bawa air sendiri dan sediakan gelas dan galon saja. Makanan juga tidak akan dikemas plastik," ujarnya.

Tri mencontohkan, dalam rapat koordinasi yang dihadiri 1.000-an aparatur sipil negara (ASN) di aula di sekolah kawasan Harapan Indah tak disediakan air mineral kemasan, Senin (24/9/2018) kemarin.

"Kita coba perdana pada rapat koordinasi bersama SKPD. Ternyata efektif dan tidak masalah. Kita bisa mengurangi potensi timbul sampah hingga 1.000 botol plastik," ucapnya.

Sasaran berikutnya, kata Tri, swalayan atau minimarket. Pihaknya akan mempertimbangkan membuat regulasi larangan penggunaan kantong plastik.

"Imbauan larangan penggunaan atau plastik berbayar yang selama ini ditekankan tak efektif. Kita akan buat regulasinya, nanti setelah aparatur pemerintah, baru kami melebar ke masyarakat," ujar Tri.

Baca: Ajak Keluarga Kurangi Sampah Plastik, Konsumsi Plastik Mencapai 17 Kilogram Per Tahun

Halaman
12
Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved