Ustadz Jawa Barat Bakal Dikirim ke Spanyol, Ini Alasan Ridwan Kamil

Kenapa akan saya kirim ke Spanyol karena di situ sekarang ada gelombang orang jadi mualaf.

Ustadz Jawa Barat Bakal Dikirim ke Spanyol, Ini Alasan Ridwan Kamil
Facebook Ridwan Kamil
Ridwan Kamil dan Atalia 

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam waktu dekat akan meluncurkan program pelatihan Bahasa Inggris bagi para ustad.

Ustad yang dilatih nantinya akan dikirim ke luar negeri untuk berdakwah. Hal itu dikatakan Ridwan usai melaksanakan salat subuh berjamaah di Mesjid Abdurrahman Bin Auf Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (25/9/18).

"Rencananya awal bulan depan akan kita mulai program pelatihan Bahasa Inggris untuk para ulama dan ustad. Kalau lulus dengan baik saya akan kirim mereka ke luar negeri untuk berdakwah," ujar Emil, sapaan akrabnya.

Program tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan Emil dengan jajaran pengurus MUI Jabar beberapa waktu lalu. Emil pun telah meminta daftar ustad yang akan mendapat pelatihan.

"Mudah-mudahan saya bisa segera mendapatkan nama-nama dari ketua MUI terkait ustad dan ulama yang mau dilatih Bahasa Inggris," harapnya.

Setelah dinilai menguasai Bahasa Inggris, para ustad akan dikirim ke sejumlah negara di Amerika dan Eropa, khususnya Spanyol untuk mengajarkan nilai-nilai baik dari ajaran Islam.

"Kenapa akan saya kirim ke Spanyol karena di situ sekarang ada gelombang orang jadi mualaf. Jadi, di sana mereka tidak mempraktikkan ibadah agamanya. Rata-rata sekarang banyaknya atheis tapi kelompok atheis ini banyak yang mentok terhadap pertanyaan-pertanyaan hidupnya," ungkapnya.

Emil mengaku sempat bertanya kepada beberapa pihak mengapa mereka ingin membangun mesjid di Spanyol. "Mereka menjawab karena orang-orang Spanyol yang masuk Islam semakin banyak, rata-rata kami hanya punya musala kecil," tambah Emil.

Melihat peluang itu, Emil berharap ustad di Jawa Barat jadi garda terdepan dalam melakukan syiar Islam di luar negeri. Apalagi, Indonesia merupakan penduduk mayoritas muslim terbesar di dunia. "Syaratnya satu, tentu harus bisa bahasa Inggris," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ridwan Kamil Akan Kirim Ustad Asal Jabar ke Luar Negeri",
Penulis : Kontributor Bandung, Dendi Ramdhani
Editor : Khairina

Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved