Jumlah Bangunan Tanpa IMB Dibongkar di Jakarta Barat Lebih 500 Bangunan Tiap Tahun

Dirinya menyebutkan klaim, di DKI Jakarta sekitarnya, ada kurang lebih 1.000 bangunan, yang tak berizin.

Jumlah Bangunan Tanpa IMB Dibongkar di Jakarta Barat Lebih 500 Bangunan Tiap Tahun
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Ilustrasi. Bangunan di Hotel 88 dan Hotel Holiday di Jalan Mangga Besar Raya RT 01/02, Tangki, Taman Sari, Jakarta Barat, dibongkar paksa petugas gabungan, Rabu (11/7/2018). 

Tamo Sijabat, Kasatpol PP Jakarta Barat mengatakan, bangunan tidak ber-IMB (Izin Mendirikan Bangunan), terbilang banyak di wilayah Jakarta Barat.

Ia pun menyatakan, mengalami kebingungan mengenai warga yang terbilang nekat mendirikan bangunan tanpa memiliki izin.

"Saya juga bingung kenapa warga berani sekali mendirikan bangunan, mau itu ukurannya kecil untuk hunian dan toko, bahkan ya perkantoran, tapi enggak berizin," papar Tamo, pada Selasa (25/9/2018).

Maka dari itu, Satpol Pp Jakarta Barat, ungkap Tamo, tetap berkoordinasi dengan pihak Suku Dinas (Sudin) Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan (Citata) Kota Jakarta Barat.

Selain itu, Tamo memaparkan jika di setiap tahunnya dianggarkan untuk merubuhkan bangunan tak ber-IMB sebanyak 50 bangunan.

"Bangunan yang tidak ber-IMB di Jakarta Barat yang sudah dibongkar itu ada 10 bangunan, di tiga bulan terakhir ini lah. Jadi gini, kami bakal mau membongkar itu sebanyak 30 bangunan tak ber-IMB. Dari 30 bangunan itu, terdapat 10 bangunan tak ber-IMB sudah kami bongkar. Di sini kami membongkar bangunannya, lantaran pemilik bangunan tak bisa menunjukkan bukti kalau sudah berizin," ungkapnya kembali.

Lalu, lanjut Tamo, untuk 20 bangunan lainnya tidak dibongkar karena pemilik bangunan bisa menunjukkan bukti perizinannya.

Lalu, dirinya menyebutkan klaim, di DKI Jakarta sekitarnya, ada kurang lebih 1.000 bangunan, yang tak berizin.

"Kami ditargetkan 50-60 bangunan dibongkar. Tapi, kenyataannya di DKI Jakarta ini, terdapat kurang lebih 1.000-an bangunan tidak berizin. Paling tidak, saya (Satpol PP) juga mendapati rekomendasi (pembongkaran bangunan tidak berizin) dari Sudin Citata itu, paling sedikit 200 bangunan. Setiap tahunnya, minimal itu ya 200 bangunan tidak berizin itu, direkomendasikan ke kami untuk bongkar," paparnya Tamo.

Tamo membeberkan, hasil pemantauannya di lapangan, banyak bangunan-bangunan besar seperti gudang dan pabri, hingga di bangunan terkecil, tak ber-IMB.

Diakui Tamo, salah satu lokasi di Jakarta Barat paling marak bangunan tak ber-IMB yaitu di Kalideres, Jakarta Barat.

"Bahkan, saya menduga ada 500-an bangunan lah dalam setahun membongkar bangunan itu tak mengurus IMB. Sehingga menyalahi aturan kan. Jadi yang direkomtek itu 200 bangunan di Jakarta Barat yang dibongkar. Kalau bangunan tak ber-IMB, perkiraan saya bisa 300 bangunan lah. Paling banyak bangunan tak ber-IMB ada di wilayah Kalideres," ujar Tamo kembali.

Penulis:
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved