8 Gerbong Anjlok, PT KAI Berharap Evakuasi Selesai Pagi Ini

"Proses evakuasi menggunakan dongkrak manual dan kereta crane yang didatangkan dari Solo dan Cirebon.."

8 Gerbong Anjlok, PT KAI Berharap Evakuasi Selesai Pagi Ini
Kompas.com/Puthut Dwi Putranto
KERETA Api barang jurusan Surabaya menuju Jakarta anjlok di KM 48 + 1, wilayah Desa Karangwader, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin (24/9/2018) siang. Proses evakuasi yang melibatkan 75 orang PT KAI diharapkan selesai Selasda pagi. 

SEBANYAK 75 petugas PT KAI diterjunkan untuk membantu proses evakuasi 8 gerbong Kereta Api barang jurusan Surabaya menuju Jakarta yang anjlok di KM 48 + 1, wilayah Desa Karangwader, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin (24/9/2018) siang.

"Hingga malam ini proses evakuasi masih berjalan. Proses evakuasi menggunakan dongkrak manual dan kereta crane yang didatangkan dari Solo dan Cirebon," kata Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto kepada Kompas.com.

Menurut Suprapto, insiden nahas itu tidak begitu menganggu perjalanan KA lain yang hendak melintas. PT KAI pun, sambung dia, menargetkan proses evakuasi 8 gerbong KA bisa rampung pagi ini.

"Perjalanan KA yang melintas di kawasan tersebut masih bisa melalui jalur yang lain. KA yang melintas di jalur itu masih bisa melintas dengan pola operasi berjalan jalur tunggal sementara. Jadi perjalanan KA lain lancar. Evakuasi diharapkan selesai Selasa pagi," tandasnya.

30 Gerbong Muatan Kosong

Untuk diketahui, Kereta Api barang jurusan Surabaya menuju Jakarta anjlok di KM 48 + 1, wilayah Desa Karangwader, Kecamatan Penawangan, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, Senin (24/9/2018) siang.

Tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan tunggal KA 2709 yang membawa rangkaian 30 gerbong muatan kosong ini. Hanya saja, 8 gerbong pada bagian terakhir mengalami kerusakan parah setelah keluar dari jalur rel KA dan terseret hampir 500 meter.

Hingga petang, PT KAI masih berupaya mengevakuasi gerbong KA dan mengidentifikasi penyebab anjloknya KA. Adapun KA lain yang melalui jalur tersebut diarahkan ke jalur lain.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Suprapto, menyampaikan, KA 2709 yang membawa rangkaian 30 gerbong tanpa muatan itu melaju dari arah Kalimas menuju Kampung Bandan (Surabaya - Jakarta).

Namun entah karena penyebab apa saat melintas jalur hilir antara Stasiun Sedadi menuju Stasiun Karangjati, delapan gerbong bagian belakang anjlok sekitar pukul 13.30 WIB.

Halaman
12
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved