Petugas Satpol PP Obok-obok Pedagang Ikan Hias Jatinegara yang Mangkal di Trotoar

Secara serentak di wilayah Jakarta Timur, petugas Satpol PP merazia keberadaan PKL yang kerap kali mangkal di atas trotoar.

Warta Kota/Joko Supriyanto
Sejumlah petugas Satpol PP merazia pedagang ikan hias Jatinegara, Senin (24/9). 

SECARA serentak di wilayah Jakarta Timur, petugas Satpol PP merazia keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) yang kerap kali mangkal di atas trotoar.

Salah satu kawasan yang menjadi sasaran razia kali ini, yaitu PKL ikan hias Jatinegara.

Keberadaan PKL ini kerap kali memanfaatkan trotoat sebagai lapaknya, sehingga tak hayal banyak penguna jalan merasa mengeluh keberadaan para PKL ini.

Kurang lebih sebanyak 100 personil Satpol PP langsung merazia para pedagang, saat itu pedagang yang mengetahui akan di razia langsung mengamankan barang dagangnya.

Aksi protes terhadap petugas sempat di lontarkan oleh salah satu pedagang yang saat itu terkena razia.

Ia memprotes karena keberadaanya berada dibelakang garis kuning dan tidak memenuhi trotoar, sehingga dirinya menilai penjalan kaki masih dapat melintas, meski dirinya mengelar dagangannya di atas trotoar.

Sejumlah petugas Satpol PP merazia pedagang ikan hias Jatinegara, Senin (24/9).
Sejumlah petugas Satpol PP merazia pedagang ikan hias Jatinegara, Senin (24/9). (Warta Kota/Joko Supriyanto)

"Pak ini ngak bisa gini dong, ini kan sudah dirapikan, dan ini tidak menghalangi garis kuning keberadaan kita itu dibelakang garis kuning," kata Herman (40) seorang pedagang, Senin (24/9/2018).

Namun, aksi protes tersebut tidak diindahkan petugas, petugas menilai bahwa keberadaan trotoar untuk pejalan kaki, dan bukan untuk PKL maupun area parkir.

Walau begitu sejumlah barang-barang PKL seperti aquarium, terpal, dan kandang kucing pun tak luput diangkut petugas ke mobil Satpol PP.

Setelah dijelaskan oleh petugas, mereka pun langsung memindahkan lapak-lapak mereka. Untuk mengantisipasi PKL akan kembali lagi, petugas pun di siagakan di lokasi.

Halaman
123
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved