Peras Sopir Truk, Ormas di Kota Bekasi Keruk Rp 60 Juta Sebulan

Empat pelaku pemerasan di kalangan sopir bermuatan barang di Jalan Raya Narogong, Kota Bekasi ditangkap polisi.

Peras Sopir Truk, Ormas di Kota Bekasi Keruk Rp 60 Juta Sebulan
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Empat pelaku pemerasan di kalangan sopir bermuatan barang di Jalan Raya Narogong, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi ditangkap polisi. 

WARTA KOTA, BEKASI---Empat pelaku pemerasan di kalangan sopir bermuatan barang di Jalan Raya Narogong, Kecamatan Bantargebang, Kota Bekasi ditangkap polisi pada Minggu (23/9/2018).

Dalam sebulan, para pelaku berinisial MBS (32), A (32), M (46) dan AK (34) ini mampu mengeruk keuntungan hingga Rp 60 juta di tiap titiknya.

Sementara penarikan retribusi liar itu tersebar di empat titik di wilayah setempat.

"Keberadaan para pelaku sangat meresahkan masyarakat terutama para sopir truk," kata Kepala Kepolisian Sektor Bantargebang Komisaris Siswo, Senin (24/9/2018).

Siswo mengatakan, modus para pelaku adalah membagikan tiket retribusi berlogo pemerintah daerah dan Dinas Perhubungan Kota Bekasi.

Dengan dalih mendapat kuasa dari pemerintah daerah, mereka lalu menarik retribusi dengan nilai bervariasi di kalangan para sopir di tengah jalan.

Padahal para pelaku ini tidak mengenakan seragam dinas terkait, namun memakai seragam organisasi masyarakat (ormas) yang ada di wilayah setempat.

"Untuk truk besar setiap titiknya dikenakan Rp 10.000, sedangkan truk boks atau kecil dikenakan biaya Rp 5.000 per titik," ujarnya.

Menurut dia, para sopir tidak berani melawan para pelaku karena takut dengan ancamannya.

Mereka mengancam, bila keinginannya tidak terpenuhi para sopir akan dilempar dari kendaraannya dan dilarang melintasi ruas jalan setempat.

Halaman
123
Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved