Breaking News:

Pilpres 2019

Pendukung Jokowi Bawa Atribut Partai di Deklarasi Damai, Sekjen Partai Demokrat: Kami Protes Keras!

Ia pun menyayangkan dan menilai KPU yang dirasa tidak tegas dalam membuat aturan.

Penulis: Anggie Lianda Putri | Editor: Yaspen Martinus
WARTA KOTA/ANGGIE LIANDA PUTRI
Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat mengikuti arak-arakan Deklarasi Kampanye Damai di Monas. 

KETUA Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) walkout dari acara Deklarasi Kampanye Damai Pemilu Serentak 2019, yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Monas.

Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Hinca Pandjaitan menjelaskan, SBY meninggalkan acara karena kecewa banyak aturan yang dilanggar oleh masa pendukung pasangan calon (Paslon) Nomor 1 Jokowi-Maruf Amin, yakni membawa atribut bendera.

"Tadi teman-temen melihat Pak SBY hadir, tapi baru kira-kira lima menit ikut defile, beliau turun dan walkout meninggalkan barisan, karena melihat banyak sekali aturan main yang tak disepakati awalnya," ujar Hinca Pandjaitan di lokasi, Minggu (23/9/2018).

Baca: Terhambat Kerumunan Pendukung Jokowi Bawa Bendera, SBY Mengeluh Lalu Walkout

Ia mengatakan, seharusnya sesuai aturan KPU, para peserta dan pendukung hanya diwajibkan memakai pakaian adat, dan tidak diperkenankan membawa atribut partai.

"Kita sepakat pakaian adat saja, damai, dan tidak membawa partai, apalagi membawa atribut yang begitu banyak sehingga terkesan tidak kampanye (damai)," protes Hinca Pandjaitan.

Ia pun menyayangkan dan menilai KPU yang dirasa tidak tegas dalam membuat aturan.

Baca: SBY Walkout dan Partai Demokrat Tak Tanda Tangan Deklarasi Damai, Ketua KPU Bilang Begini

"Tapi teman-teman lihat semua itu atribut-atribut apa yang ada di tempat ini, sehingga menurut kami KPU tidak tegas kali ini dan kami protes keras," ucapnya

Bahkan, Hinca Pandjaitan mengaku telah melayangkan surat protes yang ditujukan untuk Ketua KPU Arief Budiman serta Ketua Bawaslu Abhan.

"Saya telah menulis protes keras kepada Ketua KPU Saudara Arief Budiman dan CC-nya ke Ketua Bawaslu Abhan," ungkap Hinca Pandjaitan.

Kegiatan ini dilangsungkan untuk mengajak seluruh masyarakat menyambut kampanye Pemilu 2019 dengan penuh kedamaian, serta edukasi yang mewujudkan kedaulatan pemilu. (*)

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved