Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi Bakal Panjang Foto Warga Pembuang Sampah Sembarangan

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi bakal memajang foto warga yang membuang sampah sembarangan dipinggir jalan

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Murtopo
Warta Kota/Muhammad Azzam
Petugas Dinas Lingkungan Hidup sedang melakukan pengangkutan sampah di Jalan Jenderal Sudirman, Bekasi Barat. 

Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi bakal memajang foto warga yang membuang sampah sembarangan dipinggir jalan maupun di lahan yang menjadi Tempat Pembuangan Sampah (TPS) liar.

Kepala Bidang Penataan dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Sugiono, mengungkapkan memajang foto pelaku pembuang sampah sembarangan sudah sejak lama dilakukan di Kota Bekasi.

Penerapan itu pernah dilakukan di Underpass Irigasi Bekasi Timur, perempatan RS Bella Bekasi Timur, disekitar depan Kecamatan Jakasampurna, Pondok Gede maupun beberapa UPTD lainnya.

"Sudah lama pemajangan foto kita lakukan, sebelum daerah lain gembar-gembor. Cukup efektif, nanti akan kita terapkan kembali," katanya saat dihubungi Wartakota, pada Selasa (18/9/2018).

Selain itu, kata Sugiono langkah atau tindakan lainnya yang dilakukan seperti Operasi Tangkap Tangan (OTT) maupun sosialisasi kepada masyarakat.

Ia mengatakan tumpukan sampah terjadi dikarenakan lahan kosong yang tidak terurus dan kurang pengawasan.

"Ini kan kebanyakan tumpukan sampah adanya di jalan perumahan, biasanya pengendara motor yang melintas bukan warga sekitar. Harusnya warga setempat melakukan pengawasan itu. Kita nanti akan gencarkan OTT kembali," jelasnya.

Ia menambahkan keberadaan TPS liar menjadi permasalah utama. Selain menggangu keindahan juga kesehatan.

Namun, TPS liar ini semakin berkurang keberadaan setelah dilakukan penutupan.

"Ini dari 120 sudah 88 ditutup, dari segi pencemaran lingkungan itu jadi berkurang. Sekarang yang akan kita tingkatkan kepatuhan masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya," paparnya. (M18)

Sumber: Warta Kota
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved