Breaking News:

Sejumlah Seribu Pohon Mangrove Ditanam di Marunda

Mangrove memberikan banyak dampak positif untuk lingkungan hidup agar tetap asri, ke depannya bisa menjadi destinasi wisata.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Gede Moenanto
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Penanaman sebanyak 1.000 pohon Mangrove di Marunda. 

ADA sebanyak 1.000 bibit pohon mangrove ditanam di Jalan Marunda Besar tepatnya di belakang Rusunawa Marunda RT 03/RW 07, Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Kamis (13/9/2018).

Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok Kombes Pol Capt Hermanta mengatakan hal tersebut merupakan dalam rangka memperingati Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) 2018.

“Ini juga merupakan bentuk nyata dari pemerintah khususnya Direktorat Jenderal Perhubungan dengan seluruh stakeholder lingkungan pelabuhan,” ungkap Hermanta.

Menurut Hermantan, penanaman mangrove memberikan banyak dampak positif untuk lingkungan hidup agar tetap asri. Selain itu juga ke depannya penanaman mangrove bisa menjadi destinasi wisata.

“Penanaman pohon mangrove secara massal pada hari ini diharapkan memiliki dampak kemampuan menyerap efek gas rumah kaca penyebab pemanasan global dan menahan air yang bisa sebabkan erosi,” katanya.

Vice President Human Resources Bogasari Anwar Agus mengatakan 1.000 bibit manggrove yang ditanam kali ini merupakan hasil dari proses pengembangan yang selama ini dilakukan pihaknya di areal pabrik.

“Kita semai di kawasan pabrik dan kita berencana untuk mecoba budidayakan. Walau ujicoba, sudah kita semai 2.000 bibit dan hari ini 1.000 bibit kita tanam. Jadi diupayakan bisa semai 3-5 ribu bibit mangrove kedepan,” katanya.

Anwar mengungkapkan 1.000 bibit mangrove yang ditanam kali ini sudah berusia sekitar 8-9 bulan sehingga sudah layak tanam dan diharapkan bisa menghadapi perubahan cuaca.

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved