Sejumlah 3050 Warga Ikuti Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran

Tahun ini, ditargetkan ada 4.500 warga di 10 kecamatan yang dilatih pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

Sejumlah 3050 Warga Ikuti Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran
Warta Kota/Feryanto Hadi
Ilustrasi upaya penanggulangan kebakaran. 

DALAM upaya penanggulangan kebakaran, Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, terus gencar melalukan sosialisasi pencegahan kebakaran kepada warga.

Bahkan dari awal tahun hingga bulan ini, tercatat sebanyak 3.050 warga yang sudah mengikuti kegiatan pelatihan penanggulangan kebakaran ini.

Kasi Pencegahan Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Edi Parwoko mengatakan, pelatihan penanggulangan kebakaran akan terus dilakukan.

Karena, menurut Edi, hal ini bagian dari upaya pencegahan timbulnya kasus kebakaran di wilayahnya.

Tahun ini, ditargetkan ada 4.500 warga di 10 kecamatan yang dilatih pencegahan dan penanggulangan kebakaran.

"Sampai saat ini jumlah warga yang mengikuti pelatihan penanggulangan kebakaran ada 3.050 orang. Target seluruhnya ada 4.500 warga. Kita akan terus gelar pelatihan sampai jumlahnya sesuai target," kata Edi Parwoko, Kamis (13/9/2019).

Dikatakan Edi, sosialisasi dan edukasi akan terus dilakukan di 10 kecamatan agar ada pemerataan. Sehingga semakin banyak warga yang mendapatkan pelatihan.

Sehingga dirinya berharap kasus kebakaran dapat ditekan semaksimal mungkin. Kalaupun sampai terjadi kebakaran, skalanya kecil karena warga sudah dapat melakukan penanganan awal.

"Kita akan terus melakukan sosialisasi ke warga sampai bulan November 2018. Agar perwakilan warga di 90 RW atau 10 kecamatan dapat ikut pelatihan," katanya.

Dalam pelatihan ini warga tidak hanya diberikan pengetahuan secara teori. Namun mereka juga praktik melakukan pemadaman api mengunakan handuk basah maupun alat pemadam api ringan.

Sehingga, warga yang sudah terlatih, setidaknya dapat membantu damkar yang kala itu masih dalam perjalan menuju lokasi kebakaran, sehingga meredam terjadinya perambatan saat kebakaran terjadi.

Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved