Ridwan Kamil Bakal Bangun Lintasan Kereta Api di Jalur Selatan

Wilayah Jawa Barat harus seperti negara-negara di Eropa yang seluruh wilayahnya dihubungkan dengan lintasan KA

Ridwan Kamil Bakal Bangun Lintasan Kereta Api di Jalur Selatan
Dok. Humas Pemkot Bandung
WALI Kota Bandung Ridwan Kamil saat ditemui di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Selasa (21/11/2017). 

GUBERNUR Jawa Barat, Ridwan Kamil bakal membangun lintasan Kereta Api (KA) di jalur selatan wilayah Jawa Barat tahun depan. Rencana pembangunan menyul pertemuannya dengan Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI), Edi Sukmoro pada Kamis (13/9/2018)

Pertemuan tersebut diabadikan lewat akun instagramnya, @ridwankamil. Apabila tidak menemui kendala, lintasan kereta akan dibangun meliputi Jakarta-Bandung-Pangandaran, Bandung-Ciwidey, Bekasi-Bandung-Garut dan Bandung-Rancaekek-Jati Nangor-Tanjung Sari Sumedang.

Dirinya pun menyebut wilayah Jawa Barat harus seperti negara-negara di Eropa yang seluruh wilayahnya dihubungkan dengan lintasan KA. Lintasan KA tersebut menghidupkan ekonomi sekaligus pariwisata Jawa Barat.

"SIAP-SIAP KE PANGANDARAN, KAWAH PUTIH & JATINANGOR NAIK KERETA API. Rapat kerja dengan direksi PT KAI @kai121_ , membahas akselerasi 4 jalur baru rel kereta api untuk jawa Barat: 1. Jakarta-Bandung-Pangandaran, 2. Bandung Ciwidey, 3. Bekasi-Bandung-Garut, 4. Bandung-Rancaekek-Jati Nangor-Tanjung Sari Sumedang. Jawa Barat harus seperti Eropa dimana urat nadi ekonomi dan transportasinya mayoritas berbasis kereta api. Tahun depan jalur Bandung-Garut jika tidak ada kendala bisa selesai. Doakan lancar. #JABARJUARA," tulis Ridwan Kamil. (https://www.instagram.com/p/BnpVJNYjRJy/?utm_source=ig_web_copy_link)

Apabila terwujud, pembangunan lintasan KA Jalur Selatan tersebut menghubungkan hampir seluruh wilayah Jawa Barat yang kini masih terputus di Bandung. Bagitu pula bagi angkutan barang yang berasal dari Jakarta-selatan Jawa Barat atau sebaliknya, mereka tidak harus melambung melewati Cikampek dan Bekasi seperti saat ini. (dwi)

Beragam tanggapan positif dituliskna terkait rencana tersebut, berikut rangkumannya :

@melissahelgha : Masyaallah keren bgt rencana kerjanya pa. Semoga lancar, sukses, n jabar makin maju

@giankautsarsyam : Finally, nuhun kang

@novi_nurhayati9 : Kang, Bandung-Sukabumi

@keykichan : Waaaahhh asik naik kereta

Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved