Pemkot Jaksel Dukung Proses Akreditasi Puskesmas Mampang Prapatan

Wali kota Jakarta Selatan Marullah Matali, mendukung penuh adanya akreditasi terhadap Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan.

Pemkot Jaksel Dukung Proses Akreditasi Puskesmas Mampang Prapatan
Warta Kota/Feryanto Hadi
Wali kota Jakarta Selatan Marullah Matali, mendukung penuh adanya akreditasi terhadap Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan. 

WALI KOTA Jakarta Selatan Marullah Matali, mendukung penuh adanya akreditasi terhadap Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan.

Marullah mengatakan, Pemkot Jaksel selalu memotivasi, mendorong, serta membantu kelancaran proses pelaksanaan akreditasi Puskesmas.

"Kita di Jakarta Selatan punya 10 kecamatan dengan 10 puskesmas. Hari ini Puskesmas untuk penilaiannya adalah ke 10 atau yang terakhir," ujarnya saat menghadiri Opening Ceremony Akreditasi Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Kamis (13/9/2018).

Dalam acara yang turut dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta Achmad Yani, Anggota Komisi IX DPR RI Oky Asokawati, Plt Kasudin Kesehatan Jakarta Selatan Iwan Kurniawan, serta Camat Mampang Prapatan Asril Rizal, Marullah menjelaskan, akreditasi ini sebenarnya lebih mengarah terhadap bagaimana pelayanan yang disediakan oleh Puskesmas, dalam memfasilitasi masyarakat yang datang ke puskesmas tersebut.

"Bukan soal tingkatnya atau juaranya atau yang terbaiknya, bukan itu, bukan sudut pandang itu saja. Tapi, saya menekankan pada sisi pelayanan kesehatan kepada masyarakat ini yang menjadi hal terpenting bagi kita, karena kesehatan itu menjadi bagian terpenting bagi masyarakat," terangnya.

Oleh karena itu, Marullah berpesan kepada Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, untuk selalu dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat di dalam bidang kesehatan.

"Harapannya, mudah-mudahan Puskesmas ini menjadi yang terunggul. Tapi tetap yang terpenting adalah pelayanan, sekali lagi saya menekankan kepada pelayanan. Mudah-mudahan dengan adanya survei akreditasi ini pelayanan kita semakin baik dari sudut pandang kesehatan," ucapnya.

Sudah cukup baik

Anggota DPRD, Achmad Yani memberikan apresiasi terhadap adanya akreditasi bagi Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan.

Menurutnya, pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas ini sudah cukup baik bagi masyarakat.

"Karenanya agar para dokter melayani dengan ramah dan senyum, serta segala kesiapan yang diperlukan dapat selalu tercukupi sehingga tagline dari pak gubernur yakni Maju Kotanya Bahagia Warganya bisa terwujud," tuturnya.

Kasudin Iwan Kurniawan mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Jaksel yang telah mendukung kegiatan ini.

"Dukungan dari lintas sektor ini memang diperlukan, agar apa yang diharapkan bisa tercapai. Saya ucapkan terima kasih, semoga Puskesmas ini menjadi salah satu yang terbaik di Jakarta Selatan," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Puskesmas Kecamatan Mampang Prapatan, Tri Resopimiarti dalam paparannya mengatakan, Puskesmas yang dipimpinnya ini memiliki SDM sebanyak 198 orang dengan rincian 39 PNS, 116 non PNS, serta 43 PHL.

"Puskemas Kecamatan Mampang Prapatan berdasarkan hasil penilaian kinerja 2017, masuk dalam kriteria kelompok I, di mana cakupan hasil pelayanan yakni UKM mencapai 90 persen, UKP 92,5 persen, serta cakupan hasil manajemen yakni mendapatkan nilai 8,66," katanya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved