Denuklirisasi

Kim Jong Un dan Moon Jae In Akan Bertemu di Pyongyang, Bahas Denuklirisasi

PRESIDEN Korea Selatan Moon Jae in akan mengunjungi Pyongyang untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, 18-20 September 2018.

fr.sputniknews.com
PEMIMPIN Korea Utara Kim Jong Un dan Pemimpin Korea Selatan Moon Jae In beserta istri masing-masing saat pertemuan di Panmunjom beberapa waktu lalu. 

PRESIDEN Korea Selatan (Korsel) Moon Jae in akan mengunjungi Pyongyang untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un.

KTT Korut - Korsel yang dijadwalkan digelar pada 18-20 September itu bakal membahas denuklirisasi penuh di Semenanjung Korea.

AFP mewartakan pada Kamis (9/6/2018), ini akan menjadi pertemuan ketiga kedua pemimpin pada tahun ini.

"Pertama, Korea Selatan dan Utara sepakat mengadakan KTT di Pyongyang pada 18-20 September dan menggelar negosiasi tingkat tinggi pada pekan depan untuk mempersiapkan itu," kata Chung Eui-yong, utusan khusus Moon.

Chung yang juga merupakan kepala Kantor Keamanan Nasional itu sebelumnya mengunjungi ibu kota Korut dengan membawa lima anggota delegasi.

Melansir Yonhap News, dia menyebut KTT mendatang juga akan meninjau implementasi kesepakatan antar-Korea pada pertemuan pertama di Panmunjom pada 27 April lalu.

"Kedua negara sepakat untuk meninjau implementasi Deklarasi Panmunjom dan mendiskusikan arah ke depan, serta membahas langkah demi terwujudnya perdamaian abadi," imbuh Chung.

Dia mengatakan, pemimpin Korut menegaskan kembali komitmennya untuk melakukan denuklirisasi dan berjanji terus bekerja sama dengan AS hingga perlucutan senjata nuklir tuntas.

Masih Berperang

Seperti diketahui, kedua negara tersebut secara teknis masih berperang karena Perang Korea 1950-1953 berakhir hanya dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Moon dan Kim setuju untuk secara resmi mengakhiri perang sebelum akhir tahun, saat mereka pertama kali bertemu di Panmunjom.

Pada KTT yang akan datang, pemimpin kedua Korea juga akan membahas cara-cara untuk mengurangi ketegangan militer antar-negara.

"(Negara-negara) sepakat untuk membahas cara khusus untuk membangun rasa saling percaya dan mencegah konflik bersenjata sambil melanjutkan pembicaraan yang sedang berlangsung," ucap Chung.

Kedua negara akan membuka kantor penghubung gabungan di desa perbatasan Utara Kaesong, sebelum pertemuan ketiga Moon-Kim digelar. (Veronika Yasinta)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bahas Denuklirisasi, Kim Jong Un Akan Bertemu Moon Jae-in di Pyongyang"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved