Tampilkan 42 Foto, Pameran Fotografi World Press Photo Digelar di Bentara Budaya Jakarta

ERASMUS Huis Jakarta berkerjasama dengan Bentara Budaya Jakarta, menyelenggarakan Pameran Fotografi bertajuk “World Press Photo”.

Istimewa
Erasmus Huis Jakarta berkerjasama dengan Bentara Budaya Jakarta, menyelenggarakan Pameran Fotografi bertajuk "World Press Photo". 

ERASMUS Huis Jakarta berkerjasama dengan Bentara Budaya Jakarta, menyelenggarakan Pameran Fotografi bertajuk “World Press Photo” yang menampilkan karya dari para fotografer seluruh dunia yang terpilih sebagai nomine kompetisi The 2018 World Press Photo Contest.

Ada sejumlah 42 foto dari 22 negara yang dipamerkan, antara lain Australia, Bangladesh, Belgium, Canada, China, Colombia, Denmark, Egypt, France, Germany, Ireland, Italy, Norway, Russia, Serbia, South Africa, Spain, Sweden, The Netherlands, UK, USA and Venezuela.

Dari seluruh nomine ini, 15 di antaranya telah memenangkan World Press Photo tahun-tahun sebelumnya dan 27 lainnya mendapatkan apresiasi dalam kompetisi ini untuk pertama kalinya.

World Press Photo adalah kompetisi fotografi jurnalistik yang bergengsi. Tahun ini terdapat 4.548 fotografer yang mengirimkan karyanya, dan jumlah gambar yang diterima panitia mencapai 73.044 dari 125 negara.

Para juri yang terdiri dari pegiat jurnalisme foto professional dan diketuai oleh Magdalena Herrera telah melangsungkan seleksinya di Amsterdam sehingga tampil 42 foto terbaik dari 8 kategori yang dilombakan.

Kategori tersebut antara lain Alam (Nature), Lingkungan (Environment), Manusia (People), Olahraga (Sports), Berita Umum (General News), Isu Kontemporer (Contemporary Issues), Proyek Jangka Panjang (Long-Term Projects), Berita Aktual (Spot News).

Karya foto yang memenangkan kompetisi ini direncanakan dipamerkan di 100 lokasi berbeda di 45 negara serta dipublikasikan dalam sebuah buku multi-bahasa.

Adapun pameran World Press Photo yang pertama untuk tahun ini telah berlangsung di De Nieuwe Kerk, Amsterdam pada 14 April 2018 lalu.

Kompetisi World Press Photo diselenggarakan oleh The World Press Photo Foundation yang memiliki misi menghubungkan dunia melalui serangkaian cerita yang terkandung dalam karya fotografi.

Lembaga ini dibentuk pada 1955 oleh para fotografer Belanda dan secara berkala menyelenggarakan kompetisi.

Halaman
12
Editor: Achmad Subechi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved