Breaking News:

Pameran Sketsa

Menyelami Imajinasi Tanpa Batas dalam Pameran Sketsa (Re)Kreasi Garis

GALERI Nasional Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pameran karya para sketchers se-Indonesia, 4-16 September 2018.

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Fred Mahatma TIS
Istimewa
SKETSA Melamun, karya Henk Ngantung (1921-1991). 

GALERI Nasional Indonesia Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menggelar pameran hasil karya para sketchers se Indonesia. Karya-karya sketsa tersebut akan dipamerkan pada 4-16 September 2018 di Gedung B dan C Galeri Nasional Indonesia.

Kepala Galeri Nasional Indonesia Pustanto menuturkan, pameran ini ingin melakukan jelajah pemetaan seni rupa melalui karya-karya sketsa di Indonesia sebagai fungsi sketsa yang sangat kompleks, bukan hanya sebagai perekam kejadian tetapi lebih lanjut sebagai ungkapan visual yang artistik, hingga merepresentasikan identitas bangsa.

"Selain itu pameran ini merupakan suatu wujud peran pemerintah melalui Galeri Nasional Indonesia dalam mengapresiasi sekaligus mengukuhkan penghargaan atas eksistensi karya sketsa beserta dedikasi para sketchers Indonesia dalam dunia seni rupa," papar Pustanto, Selasa (4/9/2018).

Dengan diselenggarakannya pameran sketsa ini, Pustanto berharap kegiatan ini dapat memberikan kesempatan bagi publik untuk lebih memahami sketsa, baik dari segi kesejarahan maupun berbagai wujud eksplorasinya yang tak terbatas.

"Selain itu juga diharapkan pameran ini mampu menginspirasi dan memberikan motivasi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk menemukan potensi serta melibatkan diri untuk berkreasi di bidang-bidang yang disenangi, juga bagi para sketchers khususnya untuk terus mengasah dan mengembangkan keahlian di bidang sketsa," imbuhnya.

234 Karya

Pameran ini diawali dengan undangan terbuka yang memberi kesempatan bagi seluruh sketchers se-Indonesia untuk berpartisipasi mengirimkan karya-karya sketsa terbaik mereka untuk diikutkan dalam seleksi oleh tim Kurator yaitu Bambang Bujono, Beng Rahadian, dan Teguh Margono.

Dari 446 karya hasil olah artistik 265 sketchers yang masuk melalui undangan terbuka, tim Kurator memilih 234 karya dari 138 sketchers Indonesia. .

Para sketchers peserta pameran ini, sebagian tergabung dalam komunitas-komunitas seni rupa, baik skesta maupun seni rupa lainnya.

Seperti KamiSketsaGalNas, Bogor Sketchers, Cianjur Sketcher, Indonesias Sketchers Jogja, Semarang SketchWalk, Urban Sketchers Medan, Urban Sketchers Semarang, Urban Sketchers Blitar, Urban Sketchers Surabaya, Beranda Seni Online, Kolcai Chapter Gorontalo, dan Perupa Gorontalo.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved