Asian Games 2018

Agus Paryogo Minta Maaf Tak Berhasil Sentuh Garis Finish

Agus harus ditandu keluar area pertandingan akibat cedera yang dialaminya saat berada di kilometer 30.

Agus Paryogo Minta Maaf Tak Berhasil Sentuh Garis Finish
Warta Kota/Rangga Baskoro
Pelari Indonesia Agus Paryogo tak berhasil menyentuh garis finish saat berlaga di nomor maraton Asian Games 2018. 

PELARI Indonesia Agus Paryogo tak berhasil menyentuh garis finish saat berlaga di nomor maraton Asian Games 2018.

Agus harus ditandu keluar area pertandingan akibat cedera yang dialaminya saat berada di kilometer 30.

Agus menyatakan hal itu disebabkan karena dirinya terlalu memaksakan diri mengikuti kecepatan (pace) dari 23 atlet lain yang levelnya berada jauh di atasnya.

"Bisa dilihat di data kecepatan saya masih di 2 jam 21 menit. Harus melawan pelari yang notabene dari data bisa 2 jam 10, sehingga dari awal saya terpancing dengan pace mereka. Di awal, mau enggak mau saya harus bergabung dengan mereka. Kalau saya tetap bertahan dengan kecepatan saya, otomatis nanti ketinggalan," kata Agus di SUGBK, Sabtu (25/8).

Di awal pertandingan, ia menyatakan masih mampu menyamai kecepatan pelari lain, hingga kemudian kondisi fisiknya menurun saat berada di kilometer 15. Ia pun mulai tertinggal jauh dengan pesaing.

Namun Agus masih tetap berusaha melanjutkan perlombaan. Hingga kemudian pada titik kilometer 30, otot kaki kanannya mengalami cedera.

"Saya DNF (Did Not Finish) di kilometer 30, sekitar Mangga Besar. Sempat minta penghilang rasa sakit, tapi enggak bisa. Dari situ saya berpikir kalau dilanjutkan bisa cedera lebih parah akhirnya saya berhenti," ujar Agus.

Selain itu, saingan Agus dinilainya sudah berada di level yang lebih tinggi. Ia merasa belum bisa mengimbangi kemampuan pelari lain.

"Saya mengucapkan minta maaf kepada semua masyarakat Indonesia karena tidak bisa sampai finish. Level mereka memang sudah Olimpiade," ucapnya.

Sementara itu, pelari asal Jepang Hiroto Inoue berhasil finish terdepan dalam nomor maraton sejauh kurang lebih 42 km. Ia berhasil mengungguli Elhassan Elabbassi, pelari asal Bahrain.

Keduanya bersaing ketat hingga 500 meter terakhir di dalam area SUGBK. Namun Inoue lebih unggul dan berhasil menorehkan medali emas dengan catatan waktu 2 jam 18 menit 22 detik. Sedangkan, pelari asal Myanmar Bujie Duo menempati posisi ketiga. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved