Asian Games 2018

Daop 1 Jakarta Rekayasa Pola Operasi Pemberangkatan KA saat Marathon

Rekayasa pola operasi pemberangkatan KA diberlakukan pada 15 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir

Daop 1 Jakarta Rekayasa Pola Operasi Pemberangkatan KA saat Marathon
Daftar nama kereta api yang berhenti di Stasiun Jatinegara. (Foto: Daop 1 Jakarta) 

EVENT Asian Games 2018 yang akan memasuki hari ke-8 dan 9 pada 25-26 Agustus 2018, akan mempertandingkan cabang olahraga lari maraton.

Khusus cabor lari maraton ini, beberapa ruas jalan di Jakarta akan dijadikan rute lomba, diantaranya GBK Senayan - Jl. Jenderal Sudirman - Jl. MH Thamrin - Jl. Medan Merdeka Barat – Jl. Majapahit - Jl. Gajah Mada - Jl. Hayam Wuruk.

Guna mendukung kelancaraan pelaksanaan lomba ini, ruas jalan tersebut akan ditutup dan akan dilakukan rekayasa lalu lintas di sekitar rute lomba maraton.

Stasiun Gambir yang terletak di kawasan Jl. Merdeka Barat diprediksi akan terimbas kemacetan akibat pengalihan lalu lintas penyelenggaraan Maraton Asian Games 2018 ini.

Guna mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi di sekitar Stasiun Gambir dikarenakan pengalihan lalu lintas, dan kemungkinan terjadi hambatan pada perjalanan calon penumpang KA menuju Stasiun Gambir, maka PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan rekayasa pola operasi KA pada Sabtu dan Minggu (25-26 Agustus).

Rekayasa pola operasi pemberangkatan KA ini akan diberlakukan pada 15 KA yang berangkat dari Stasiun Gambir pada hari Sabtu dan Minggu (25-26 Agustus) dimana ke-15 KA itu akan Berhenti Luar Biasa (BLB) atau berhenti untuk proses naik penumpang di Stasiun Jatinegara.

Operasi rekayasa lalu lintas KA ini berlaku mulai keberangkatan KA 11882 (Argo Parahyangan) yang jadwal berangkatnya pukul 04.20 sampai dengan KA 24 (Argo Parahyangan) keberangkatan pukul 10.30 WIB.

“Biasanya KA yang berangkat dari Stasiun Gambir tidak berhenti di Stasiun Jatinegara, namun khusus hari Sabtu dan Minggu (25-26 Agustus) akan berhenti di Stasiun Jatinegara. Hal ini untuk memudahkan calon penumpang KA yang kesulitan menuju Stasiun Gambir, mereka bisa mencari alternatif dengan naik dari Stasiun Jatinegara,” ucap Edy Kuswoyo, Senior Manager Humas Daop 1 Jakarta.

Rekayasa pola operasi ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa kerja sama calon penumpang.

Maka, PT KAI pun menghimbau agar calon penumpang dapat mengantisipasi dengan memperhitungkan waktu keberangkatan KA-nya, sehingga tidak tertinggal. (abs)

Penulis: Rangga Baskoro
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved