Bawaslu DKI Sesalkan PSI Tidak Tertibkan Spanduk ‘Kampanye’ Asian Games 2018

Bawaslu DKI Jakarta menyesalkan langkah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak menertibkan spanduk Asian Games.

Bawaslu DKI Sesalkan PSI Tidak Tertibkan Spanduk ‘Kampanye’ Asian Games 2018
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Komisioner Bawaslu DKI Jakarta, Puadi 

BADAN Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta menyesalkan langkah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) tidak menertibkan spanduk Asian Games, di pagar Kantor Bawaslu DKI Jakarta, Selasa (21/8/2018) lalu. 

PSI sendiri telah membantah bukan mereka yang memasang spanduk diduga mencuri start kampanye tersebut. Permasalahan dalam spanduk itu, adanya logo PSI, foto Ketua Umum PSI Grace Natalie, serta daerah pemilihan yang bersangkutan.

“Yang menjadi persoalan itu adalah pertama memasang di pagar halaman Bawaslu DKI, kedua tidak hanya sekedar itu saja, melainkan ada lambang dan logo partai di situ ya PSI,” kata Komisioner Bawaslu DKI Jakarta Puadi, Kamis (23/8).

Puadi menambahkan secara kelembagaan, partai tersebut tidak mengakui spanduk itu adalah mereka yang memasangnya di mana-mana. Namun demikian pihaknya merasa perlu mempertanyakan mengapa PSI tidak menertibkan spanduk tersebut. 

“Karena ini menyangkut ada lambang partai, kalau kemudian didiamkan saja tidak ditertibkan, berarti ini jangan-jangan ada unsur, ada maksud didalamnya. Seharusnya ditertibkan dong, dimana-mana beredar ada lambang partai tersebut,” katanya. 

Seharusnya menurut Puadi, PSI mengambil langkah tegas dengan menertibkan spanduk itu jika memang mereka membantah telah melakukan pemasangan spanduk berukuran sekitar 1 x 3 meter tersebut. 

“Kalau dia tidak menertibkan, dia berarti bagian dari unsur yang mendukung. Seakan-akan siapa lagi pelakunya kalau bukan dilakukan internal partai sendiri,” sambungnya. 

Pasalnya Bawaslu DKI Jakarta beberapa kali menemukan spanduk serupa di wilayah Dapil 3, yang meliputi Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Barat. Hanya saja selama ini tidak ada penertiban dari PSI. 

“Sebenernya ada banyak, untuk di Jakarta Barat banyak sekali di daerah Slipi. PSI juga dengan desain yang sama,” ungkap Puadi.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Theo Yonathan Simon Laturiuw
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved