Akses Tol Cikarang Dry Port Memecah Kemacetan di Jalan Raya Industri Cikarang Barat

Akses tol menuju Cikarang Dry Port di ruas tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Barat, bakal dibuka pada Selasa (28/8/2018) pukul 00.00 WIB.

Akses Tol Cikarang Dry Port Memecah Kemacetan di Jalan Raya Industri Cikarang Barat
Warta Kota/Fitriyandi Al Fajri
Akses tol menuju Cikarang Dry Port di ruas tol Jakarta-Cikampek, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, bakal dibuka pada Selasa (28/8/2018) pukul 00.00 WIB. 

WARTA KOTA, BEKASI---Akses tol menuju Cikarang Dry Port di ruas tol Jakarta-Cikampek, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, bakal dibuka pada Selasa (28/8/2018) pukul 00.00 WIB.

Kepala Humas Jasa Marga cabang Jakarta-Cikampek, Irwansyah, mengatakan, pembangunan ruas tol ini sudah dilakukan sejak 2016 dengan menggunakan lahan milik Lippo Cikarang.

Keberadaan ruas tol ini diklaim untuk memecah kemacetan yang biasa terjadi di jalan arteri atau Jalan Raya Industri, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

Baca: Akses Tol Cikarang Dry Port Dibuka Selasa Depan, Pakai Lahan Lippo Cikarang

Pemicu kemacetan di persimpangan jalan tersebut disebabkan tingginya volume kendaraan terutama truk yang keluar-masuk ruas tol Jakarta-Cikampek.

Selama ini persimpangan tersebut kerap digunakan pengendara truk untuk dua arah tujuan, yakni sisi utara ke Cikarang Dry Port dan sisi selatan ke Lippo Cikarang dan Kawasan Industri Hyundai.

Baca: Bakal Ada Akses Tol Langsung dari Tol Cipali ke Bandara Kertajati

Kondisi di lapangan makin semrawut manakala truk hendak berkelok karena membutuhkan ruang yang lapang dalam bermanuver menuju kawasan industri melintasi Jalan Raya Industri.

Namun kini, pengendara peti kemas yang menuju Cikarang Dry Port tidak perlu lagi keluar di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat di Km 31.

Mereka tinggal meneruskan perjalanan ke GT Cikarang Utara di Km 29 hingga sampai ke Cikarang Dry Port.

Karena itu, kata Irwansyah, akses tol ini dibuat memang ditujukan untuk kendaraan berat dari Jakarta menuju Cikarang Dry Port atau arah sebaliknya.

Baca: Pekan Depan, Akses Tol Menuju Terminal Pulo Gebang Dioperasikan

"Ruas tol ini hanya bisa digunakan oleh pengendara yang datang dari Jakarta dan Cikarang Dry Port. Sementara dari arah Karawang atau Bandung, tidak terkoneksi," kata Irwansyah

Irwansyah mengataka, salah satu diktum dalam Keputusan Menteri (Kepmen) Nomo 561/KPTS/M/2018, PT Jasa Marga (Persero) Tbk. sebagai pengelola Jalan Tol Jakarta-Cikampek, berhak menolak masuknya dan/atau mengeluarkan pengguna jalan tol yang tidak memenuhi ketentuan batas muatan sumbu terberat di GT terdekat jalan tol.

Pelaksanaan peraturan dan pengendalian pengawasan batasan muatan sumbu terberat dilakukan dengan bekerjasama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Penulis: Fitriyandi Al Fajri
Editor: Aloysius Sunu D
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved