Idul Adha 2018

Jualan Hewan di Trotoar, Pedagang Ogah Pindah Kecuali Dicarikan Tempat Ramai dan Untung Rp 10 Juta

"Saya berjualan di sini keuntungannya bisa lebih dari Rp 10 juta. Makanya saya bilang kalau mau melarang ya carikan tempat yang layak biar tetap ramai

Jualan Hewan di Trotoar, Pedagang Ogah Pindah Kecuali Dicarikan Tempat Ramai dan Untung Rp 10 Juta
Warta Kota/Henry Lopulalan
Pedagang hewan kurban masih menjajakan dagangannya di trotoar Jalan Raya Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018). 

PARA  pedagang hewan kurban di bahu jalan dan trotoar sepanjang Jalan KH Mas Mansyur, Tanah Abang, Jakarta Pusat enggan direlokasi dari tempat mereka berjualan saat ini.

Asep, salah satu pedagang hewan kurban, menyampaikan bahwa ia setiap tahunnya membuka lapak hewan kurban di lokasi tersebut menjelang Idul Adha.

"Saya sudah rutin setiap tahun ya berjualan di sini. Saya bangun kandang ini dari seminggu yang lalu. Belum ada tuh yang ngelarang kita berjualan," kata Asep kepada Kompas.com, Senin (20/8/2018).

Ia mengaku belum pernah mendapatkan sosialisasi tentang larangan berjualan di trotoar.

Jika memang dilarang berdasarkan aturan, ia berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan tempat yang layak untuk berjualan hewan kurban.

"Enggak pernah ada yang memberikan informasi larangan tuh. Saya kan sudah bilang ini sudah rutin setiap tahun. Kalau memang mau melarang, pemerintah ya sediakan tempat yang layak dan ramai pembeli," ujar Asep.

Baca: 33 Kuda Asal Belgia Tiba di Indonesia dan Siap Bertanding, Tidak Perlu Dikarantina Terlebih Dahulu

Baca: 139 Petugas Dikerahkan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

Ia mengaku menjual kambing mulai dari harga Rp 2 hingga Rp 5 juta.

Ia bisa mendapatkan keuntungan lebih dari Rp 10 juta setiap tahunnya.

"Saya berjualan di sini keuntungannya bisa lebih dari Rp 10 juta. Makanya saya bilang kalau mau melarang ya carikan tempat yang layak biar tetap ramai dengan keuntungan yang sama," kata Asep.

Penjual hewan kurban lainnya, Ridho, juga mengaku setiap tahun membuka lapak hewan kurban di trotoar sepanjang Jalan KH Mas Mansyur tersebut.

Baca: Sukses di GIIAS 2018, DFSK Buka Dealer di Makassar untuk Lebarkan Sayap

Baca: Keju Tertua Berusia 3.300 Tahun Ditemukan di Reruntuhan Makam Kuno di Mesir

Halaman
123
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved