Idul Adha 2018

Meski Jadi Pusat Pemotongan, RPH Cakung Baru Terima 58 Hewan Kurban dari Warga Terdampak

Pemprov DKI melarang sejumlah masjid yang berada radius 1 km dekat Venue Asian Games 2018 melalukan pemotongan hewan saat hari raya Idul Adha.

Meski Jadi Pusat Pemotongan, RPH Cakung Baru Terima 58 Hewan Kurban dari Warga Terdampak
Warta Kota/Joko Supriyanto
Sejumlah hewan kurban dipersiapkan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) PD Darma Jaya, Cakung, Jakarta Timur. 

PEMERINTAH Provinsi DKI Jakarta melarang sejumlah masjid yang berada radius 1 kilometer dekat Venue Asian Games 2018 (Equastrian Park Pulomas) melalukan pemotongan hewan saat hari raya Idul Adha.

Mereka diminta untuk melakukan pemotongan hewan diluar radius tersebut, ataupun Pemrov DKI juga menyediakan alternatif lain yakni pemotongan hewan dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH).

Saat mencoba mengunjung salah satu RTH di kawasan Cakung milik PD Darma Jaya, sejumlah lapak-lapak hewan kurban terlihat dibeberapa titik.

Namun tidak ada hewan kurban kambing di RPH Cakung, karena PD Darma Jaya Cakung tidak menerima kambing.

Untuk hewan kurban kambing, hanya dapat dilakukan pemotongan di RPH PD Darma Jaya Pulogadung yang juga disediakan untuk bagi warga Jakarta Timur yang terdampak larangan.

Sementara beberapa kadang-kandang milik PD Darma Jaya Cakung juga dipenuhi beberapa sapi-sapi yang diantaranya akan di potong saat hari raya Idul Adha yang jatuh pada Rabu (22/8/2018) mendatang.

Manager Perdagangan PD Darma Jaya, Didi Rustandi mengatakan bahwa menyambut pemotongan hewan kurban saat idul adha mendatang pihaknya sudah melakukan sosialiasi ke beberapa kelurahan setempat, bagi mereka yang terdampak larangan radius 1 kilometer pemotongan hewan kurban.

"Saat ini ada 58 sapi yang sudah terdata di RPH Cakung, dari 35 masjid. Ini data sementara karena sebagian belum masuk," kata Didi saat ditemui, Senin (20/8/2018).

Dikatakan Didi, bagi warga yang terdampak memang di sarankan untuk melakukan pemotongan hewan kurban di PD Darma Jaya.

Namun ada beberapa solusi yang diberikan, yakni masyarakat dapat melakukan pemotongan hewan kurban di masjid-masjid yang tidak terdampak.

Halaman
12
Penulis: Joko Supriyanto
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved