Tiga Ibukota Negara di Asean Ini Juga Terancam Tenggelam

Selain permukaan air laut, masalah besar yang dihadapi ibukota Filipina ini adalah turunnya permukan tanah.

Tiga Ibukota Negara di Asean Ini Juga Terancam Tenggelam
warta kota
Kota Bagkok, Thailand 

Beberapa kota di dunia sedang menghadapi masalah yang sama akibat dari pemanasan global. Salah satunya adalah peningkatan permukaan air laut akibat melelehnya es dan gletser.

Tak cukup disitu, masalah penurunan muka tanah juga membayangi kota-kota besar di dunia. Di beberapa kota berkembang, penyebab utama penurunan ini karena eksploitasi terhadap sumber air tanah.

Selain itu, kegiatan pembangunan dalam skala besar juga memperparah keadaan. Lebih lanjut, kondisi tanah di kota-kota pesisir sering dibangun di atas tanah lunak, seperti rawa atau gambut.

Jakarta misalnya, kota metropolitan ini menduduki peringkat pertama dalam tingkat penurunan muka tanah. Dalam 30 tahun terakhir, permukaan tanah Jakarta telah tenggelam sedalam 4 meter.

Sedangkan rerata penurunan tanah berada di angka 1 sampai 15 sentimeter per tahun, seperti dilansir dari BBC.

Wilayah Jakarta Utara terdampak paling parah dengan penurunan sedalam 2,5 sentimeter per tahun di beberapa bagian. Jika hal ini terus berlanjut, pada tahun 2050 mendatang, 95 persen wilayah di Jakarta Utara akan berada di bawah permukaan air laut.

Selain Jakarta, tiga kota di Asia Tenggara ini juga mengalami hal serupa:

Manila Kenaikan permukaan air laut dimulai sejak dekade 1960-an, ketika industrialisasi di Filipina mulai berkembang. Selain permukaan air laut, masalah besar yang dihadapi ibukota Filipina ini adalah turunnya permukan tanah.

Setiap tahun, Manila menghadapi penurunan muka tanah sedalam 45 milimeter. Pada tahun 2050 mendatang, permukaan air laut di Manila diprediksi akan melonjak hingga 50 sentimeter.

Dalam kenario terburuk, air laut akan menembus pusat kota Manila dan beberapa wilayah di sekitarnya.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved