Rizal Ramli Ingin Karya Sastrawan WS Rendra Diabadikan Dalam Museum

Rizal Ramli menilai sudah saatnya karya-karya sastrawan WS Rendra diabadikan melalui museum agar generasi muda Indonesia bisa belajar.

Rizal Ramli Ingin Karya Sastrawan WS Rendra Diabadikan Dalam Museum
video.kompas.com
WS Rendra 

RIZAL Ramli menilai sudah saatnya karya-karya sastrawan Willibrordus Surendra Broto Rendra (WS Rendra) diabadikan melalui sebuah museum agar generasi muda Indonesia bisa belajar dari menikmati karya sastra dari penyair berjuluk "Si Burung Merak" itu.

"Sudah waktunya kita membuat museum yang bagus untuk Rendra yang dindingnya penuh dengan puisi-puisi Rendra yang bagus, sehingga anak muda Indonesia bisa belajar dari tokoh sastra Indonesia," ujar tokoh nasional Rizal Ramli kepada Antara di Jakarta.

Beliau juga menambahkan agar keluarga besar dan sahabat-sahabat Rendra kompak untuk mengambil inisiatif guna membangun museum Rendra yang bisa menjadi tempat bagi bangsa Indonesia untuk melakukan refleksi diri.

Baca: Pos Indonesia Luncurkan 40.000 Perangko Edisi Khusus Seri Asian Games 2018


"Saya kadang malu hati di seluruh dunia ada museum yang bagus-bagus tentang seniman-seniman besar. Kita harus menghormati seniman-seniman kita karena tidak bisa semua hanya dengan pikiran dan logika, harus juga dengan hati serta perasaan dan itu adalah areanya seniman. Rendra merupakan tokoh yang pantas kita hormati," kata Rizal Ramli.

Gagasan untuk membangun sebuah museum untuk WS Rendra tersebut muncul dalam diskusi bertema "Rakyat Belum Merdeka", sebagai bagian dari acara "Rindu Rendra" di Taman Ismail Marzuki Jakarta, Jumat (17/8/2018).

Baca: Dukung Atlet Indonesia, Wiranto Ciptakan Lagu Spesial untuk Asian Games 2018


Menanggapi hal tersebut, Clara Sinta sebagai salah satu putri almarhum W.S.Rendra sangat menyetujui dan menerima gagasan untuk membangun museum WS Rendra.

"Memang kita berencana untuk membuat museum dan museum itu memang seharusnya sudah ada. Kami sedang memperjuangkan untuk membangun museum tersebut," ujar Clara Sinta kepada Antara.

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved