LPM Limo Tuding Pemkot Depok Lindungi Pengembang Perumahan Ilegal

Pemkot Depok selama ini diam saja dan sama sekali enggan menekan dan mendesak pengembang untuk menyelesaikan urusannya dengan warga.

LPM Limo Tuding Pemkot Depok Lindungi Pengembang Perumahan Ilegal
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Sekitar seratus warga Graha Cinere I, RW 12, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Depok, melakukan pemasangan spanduk di depan Jalan Tampak Siring Raya, yang isinya berupa larangan bagi kendaraan berat dan pengangkut material bahan bangunan ke perumahan elite Cinere Parkview, melintas melalui jalan lingkungan warga tersebut, Minggu (19/8/2018). 

KETUA Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kecamatan Limo, Kota Depok, Risani menilai Pemerintah Kota (Pemkot) Depok selama ini berupaya melindungi sejumlah pengembang perumahan besar di Kota Depok, meski mereka jelas-jelas terbukti telah merugikan warga dan melanggar segala ketentuan dan aturan yang ditetapkan oleh Pemkot Depok sendiri melalui Perda.

Salah satunya kata dia terkait polemik yang terjadi di Perumahan Graha Cinere dan Perumahan Cinere Parkview yang dilaporkan warga ke pihaknya.

Baca: Warga Pasang Spanduk, Larang Kendaraan Berat Melintas Cinere Parkview

"Selama ini sekitar 300 Kepala Keluarga di Graha Cinere I, Limo diabaikan haknya oleh pengembang, terkait fasos fasum mereka yang dijanjikan pengembang dan tidak juga terealisasi, berikut fasos fasum warga yang rusak dan juga tak diperbaki pengembang," kata Risani kepada Warta Kota, Minggu (19/5/2018).

Namun kata dia Pemkot Depok selama ini diam saja dan sama sekali enggan menekan dan mendesak pengembang untuk menyelesaikan urusannya dengan warga.

Karenanya kata dia, arogansi pengembang makin tampak hingga kemudian justru menggunakan lahan fasos fasum warga untuk membangun perumahan baru.

"Ini terjadi pada Cinere Parkview. Meski sudah disegel sejak 3 bulan lalu, tapi belum juga dibongkar" katanya.

"Jadi Pemkot Depok jangan hanya mau duit miliaran rupiah saja dari pengembang dan pajak warga. Tapi juga wajib bela kepentingan warga dan tidak membiarkan pengembang yang melanggar aturan," katanya.

Seperti diketahui ratusan warga Graha Cinere I, RW 12, Kelurahan Limo, Kecamatan Limo, Depok, melakukan pemasangan spanduk di depan Jalan Tampak Siring Raya, yang isinya berupa larangan bagi kendaraan berat dan pengangkut material bahan bangunan ke perumahan elite Cinere Parkview, melintas melalui jalan lingkungan warga tersebut, Minggu (19/8/2018).

Pemasangan spanduk larangan tersebut dihadiri oleh Ketua RW dan beberapa Ketua RT setempat.

Kris, salah seorang warga setempat menuturkan pemasangan spanduk larangan bagi kendaraan berat dan pengangkut material melintas di Jalan Tampak Siring Raya itu merupakan tindak lanjut dari kesepakatan 350 Kepala Keluarga (KK) di Graha Cinere I, yang tertuang dalam Surat Keputusan RW 12 beberapa waktu lalu.

Dimana warga sepakat melarang semua jenis kendaraan pengangkut material bahan bangunan ke perumahan elite Cinere Parkview, melintas melalui jalan lingkungan warga di Perumahan Graha Cinere I yakni Jalan Tampak Siring Raya, Jalan Tampak Siring VI dan Jalan Kintamani.

Halaman
123
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved