Soal Wakapolri Baru, M Iqbal: Kapolri Akan Segera Tunjuk, Bisa Bintang Satu atau Dua

Siapa yang akan menggantikan posisi Komjen Pol Syafruddin sebagai Wakapolri, sepenuhnya merupakan hak prerogatif Kapolri.

Soal Wakapolri Baru, M Iqbal: Kapolri Akan Segera Tunjuk, Bisa Bintang Satu atau Dua
Istimewa
BRIGJEN Mohammad Iqbal 

KOMISARIS Jenderal Syafruddin resmi menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB). Prosesi pelantikan dipimpin Presiden Joko Widodo, Rabu (15/8/2018) pagi, di Istana Negara, Jakarta.

Lantas siapa pengganti Syafruddin sebagai Wakil Kepala Kepolisian RI?

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal mengatakan, hal itu merupakan hak prerogratif Kapolri untuk menunjuk Wakapolri.

Baca: Sosok Komjen Syafruddin, Mantan Ajudan Jusuf Kalla yang Kini Jadi Menteri PAN-RB

“Sampai saat ini belum ada putusan dari pimpinan, karena jabatan Wakapolri tersebut adalah murni hak prerogratif bapak Kapolri,” kata Iqbal di Mabes Polri, Rabu (15/8/2018).

“Tapi kita prediksi tidak lama lagi pak Kapolri segera menunjuk siapa Wakapolri yang akan mendampingi bapak Kapolri mengawaki institusi Polri,” sambung Iqbal.

Lebih lanjut, kata Iqbal, mengenai kriteria pengganti Syafruddin akan dipilih dari perwira tinggi Polri.

“Bisa bintang dua, bintang tiga bisa kalau sudah bintang itu adalah tidak mengikuti mekanisme yang ada kepangkatan,” tutur Iqbal.

Baca: Jadi Menpan-RB, Syafruddin Diharapkan Bersihkan PNS dari Kasus Korupsi

“Kalau misalnya pamen (perwira menengah) dari komisaris polisi menjadi sampai ke kombes harus melewati tahapan-tahapan masa kepangkatan. Kalau sudah bintang seperti saya kalau dibutuhkan oleh institusi, organisasi demi kepentingan organisasi, kepentingan bangsa, dan negara bisa dipercepat bisa satu hari dua hari tiga hari,” sambung Iqbal.

Sebelumnya, Iqbal membenarkan akan pengunduran diri Komjen Syafruddin dari anggota Polri. Pengunduran diri Syafruddin telah melalui prosedur dan mekanisme yang berlaku di Polri.

Iqbal menuturkan, bahwa pengunduran diri Syafruddin telah mendapat persetujuan dari Kapolri Tito Karnavian dan telah melaporkan kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. (Reza Jurnaliston)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapolri Akan Segera Tunjuk Pengganti Syafruddin"

Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved