Pagi Ini Jokowi Lantik Wakapolri Komjen Syafruddin Jadi Menteri PAN-RB

Berdasarkan agenda yang diterima Tribunnews.com, pelantikan tersebut dilaksanakan di Istana Negara Jakarta pada Selasa (15/8/2018) pukul 10.00 WIB.

TRIBUNNEWS/FAHDI FAHLEVI
Wakapolri Komjen Syafruddin 

PRESIDEN Joko Widodo hari ini akan melantik Wakil Kepala Polri Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Berdasarkan agenda yang diterima Tribunnews.com, pelantikan tersebut dilaksanakan di Istana Negara Jakarta pada Selasa (15/8/2018) pukul 10.00 WIB.

Pengangkatan Syafruddin tersebut untuk menggantikan Asman Abnur yang terpaksa diganti oleh Presiden, karena Partai Amanat Nasional (PAN) sudah tidak lagi menjadi koalisi yang mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Baca: Menteri PAN RB Asman Abnur Mengundurkan Diri

‎"Bagaimana pun tidak elok kalau kemudian beliau (Asman) ada di pemerintahan, karena perbedaan pilihan politik jadi berbeda dan kita bertemu, bergabung baik-baik, selesai baik-baik," ucap Sekretaris Kabinet Pramono Anung, kemarin.

Komjen Pol Drs Syafruddin adalah anggota Polri kelahiran Makassar, 12 April 1961 (57 tahun). Ia merupakan lulusan Akpol angkatan 1985.

Kariernya di kepolisian diawali sebagai Kasubnit Patroli Kota Polda Metro Jaya pada 1985, dan pernah menjadi Kapolsek Pondok Gede Bekasi Polda Metro Jaya pada 1987.

Baca: PAN Dukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Jokowi Bakal Copot Menteri Asman Abnur

Syafruddin juga tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting. Pada 2004, ia pernah menjabat sebagai ajudan Wakil Presiden pada masa pemerintahan SBY-JK.

Kemudian pada akhir 2009, dia menjabat sebagai Wakapolda Sumut, lalu Kapolda Kalsel, Kadiv Propam Polri, Kalemdikpol, hingga Wakapolri di bawah kepemimpinan Jenderal Tito Karnavian.

Di tengah kesibukannya di kepolisian, Syafruddin ditunjuk sebagai Ketua Kontingen atau Chief de Mission (CdM) Indonesia pada ajang Asian Games 2018, yang dihelat di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus-2 September 2018.

Sebagai Ketua Kontingen Indonesia, Syafruddin bertanggung jawab memastikan kesiapan seluruh pengurus besar cabang olahraga dalam melakukan pelatnas, dan kesiapan seluruh atlet yang akan bertanding di Asian Games 2018. Syafruddin juga aktif sebagai Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI). (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved