Pilpres 2019

Kronologi Mahfud MD Gagal Jadi Cawapres Jokowi, Nama Mengerucut Hingga Berujung Antiklimaks

Lewat program Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa (14/8/2018) malam, Mahfud MD pun bercerita detik-detik dirinya diabaikan.

Kronologi Mahfud MD Gagal Jadi Cawapres Jokowi, Nama Mengerucut Hingga Berujung Antiklimaks
Istimewa
MAHFUD MD 

TIDAK dipilih menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, Profesor Mahfud MD blak-blakan bersuara.

Lewat program Indonesia Lawyers Club (ILC) pada Selasa (14/8/2018) malam, Mahfud MD pun bercerita detik-detik dirinya diabaikan.

Mirisnya nasib Mahfud MD bermula ketika dirinya diundang oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno di kediaman Pratikno, Kompleks Widya Chandra, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, 1 Agustus 2018.

Baca: Soal Pengganti Sandiaga Uno, Anies Baswedan: Sebelum Ada Ketetapan Presiden, Belum Ada Proses

Ketika itu, Mahfud MD turut bertemu Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki. Dalam perbincangan, baik Pratikno dan Teten Masduki menyebut nama Cawapres Jokowi mengerucut kepada dirinya.

"Jadi ceritanya begini, pada tanggal 1 Agustus jam 23.00 malam, saya diundang oleh Menteri Sekretaris Negara, Pak Pratikno. Ini udah lama ya, tanggal 1 Agustus. Saya ditemui bersama Teten Masduki di rumah Mensesneg," tuturnya.

"Lalu saya diberitahu, Pak Mahfud, pilihan sudah mengerucut ke bapak, harap bersiap-siap. Nanti pada saatnya akan diumumkan. Syarat-syarat yang diperlukan segera mulai disiapkan, tidak harus lengkap, yang penting ada dulu," ungkap Mahfud MD.

Baca: Rupiah Tembus 14.600 per Dolar AS, Kata Sri Mulyani Penyebabnya Turki

Tidak hanya menyiapkan berkas, Mahfud MD pun diberi tahu agar berkomunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Padahal, menurut Mahfud MD, komunikasi tidak diperlukan lantaran ia bukan calon dari PKB.

Mengaku heran, Mahfud MD tetap berkomunikasi dengan sejumlah rekanan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

"Supaya Golkar tidak menganggap saya calon dari PKB, ada beberapa orang berpengaruh yang dekat dengan Cak Imin. Itu saya temui," jelas Mahfud MD.

Baca: Mandi Bersama Empat Temannya, Bocah Berumur 6 Tahun Ditemukan Mengambang di Kali Cikarang

Selang beberapa hari, tepatnya pada Rabu (9/8/2018), dirinya kemudian diminta hadir kembali untuk bertemu Pratikno dan Teten Masduki. Permintaan diturutinya, Mahfud MD hadir di kediaman Pratikno.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved