Komunitas Pahlawan UKM, Wadah Edukatif untuk Go Digital

Tujuan Komunitas Pahlawan UKM ini akan menawarkan beberapa program kolaborasi yang fungsional bagi UKM Indonesia. Begini penjelasannya:

Komunitas Pahlawan UKM, Wadah Edukatif untuk Go Digital
Istimewa
Marketing Manager Sleekr Diana Octavia, Head of Community Moka Jafar Fakhry dan Head of Communication KoinWorks Debby Lufiasita, dalam acara peluncuran komunitas Pahlawan UKM, Selasa (14/8/2018). Pahlawan UKM dibentuk oleh Moka, KoinWorks, dan Sleekr untuk menjadi wadah edukasi bagi UKM Indonesia agar melek digital. 

TIGA perusahaan ​Software as a Service (SaaS) Indonesia, yaitu Moka, Sleekr, dan KoinWorks meluncurkan komunitas bertajuk Pahlawan UKM (PUKM) sebagai wadah fungsional bagi perkembangan seluruh UKM di Indonesia, Selasa (14/8/2018).

Komunitas bisnis ini bertujuan untuk mentransformasi para pelaku UKM Indonesia agar mampu memajukan usaha yang digelutinya. Peluncuran komunitas ini sendiri dilakukan lewat seminar yang mengundang para pelaku UKM di Jakarta              Creative Hub, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia, hingga saat ini ada 59 juta pelaku UKM di Indonesia. Namun, hanya 8% yang telah mengoperasikan usahanya melalui media online.

Sebagai Komunitas Bisnis yang dioperasikan oleh tiga perusahaan SaaS Indonesia, Pahlawan UKM bertekad untuk menjadi wadah edukasi bagi UKM untuk “melek digital”, mulai dari literasi terhadap fitur-fitur operasional bisnis secara daring hingga pemasaran digital melalui media sosial.

Terbukti, melalui media ​online ragam usaha di Indonesia mampu meningkatkan bisnisnya secara signifikan.

Chief Commercial Officer Sleekr Sandy Suryanto, Business Owner Burgreens Helga Angelina, business owner Sana Studio Abimantra,  dan business owner Galaxy Cheese Ajeng Dewanti, dalam diskusi panel implementing digital platform di peluncuran Komunitas Pahlawan UKM, Selasa (14/8/2018). Pahlawan UKM dibentuk oleh Moka, KoinWorks dan Sleekr untuk menjadi wadah edukasi bagi UKM Indonesia agar melek digital.
Chief Commercial Officer Sleekr Sandy Suryanto, Business Owner Burgreens Helga Angelina, business owner Sana Studio Abimantra, dan business owner Galaxy Cheese Ajeng Dewanti, dalam diskusi panel implementing digital platform di peluncuran Komunitas Pahlawan UKM, Selasa (14/8/2018). Pahlawan UKM dibentuk oleh Moka, KoinWorks dan Sleekr untuk menjadi wadah edukasi bagi UKM Indonesia agar melek digital. (Istimewa)

"Kami (Moka, Sleekr dan KoinWorks) berharap agar komunitas ini dapat memberikan dampak yang signifikan bagi UKM Indonesia. Pada dasarnya, penerapan dari ​platform digital dapat memberikan keuntungan yang variatif bagi UKM, tidak hanya dari cakupan (​reach) tetapi juga ke aktivitas operasional hingga pendanaan."

"Oleh karena itu, kami rasa penerapan teknologi digital menjadi hal sangat penting bagi perkembangan bisnis UKM Indonesia dan Pahlawan UKM hadir untuk memfasilitasi hal tersebut,” tutur Achmad Ja’far Al Fakhry, Ketua Operasional Komunitas Pahlawan UKM sekaligus Head of Community and Event MokaPOS, dalam pernyataan tertulisnya.

Tujuan Komunitas Pahlawan UKM ini akan menawarkan beberapa program kolaborasi yang fungsional bagi UKM Indonesia.

Pertama, Kolaborasi Program lewat pembuatan konten edukatif dalam bentuk seminar maupun ​workshop. Melalui program ini, Komunitas Pahlawan UKM akan menyelenggarakan ragam acara dengan konten yang berlandaskan pada penggunaan fitur digital di berbagai industri UKM Indonesia.

Kedua, Support Program di mana Komunitas Pahlawan UKM akan bertindak sebagai pendukung dalam sebuah acara edukatif yang diselenggarakan oleh komunitas atau pihak di luar Komunitas Pahlawan UKM. 

Halaman
12
Penulis: Fred Mahatma TIS
Editor: Fred Mahatma TIS
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved