Kasus Narkoba

Siswa-siswi SMKN 32 Jaksel Tegang Saat BNNP DKI Jakarta Lakukan Tes Urine

RATUSAN siswa SMK N 32 di Tebet, Jakarta Selatan terkejut ketika terdengar arahan dari pengeras suara.

Penulis: Feryanto Hadi | Editor: Hertanto Soebijoto
Warta Kota/Feryanto Hadi
Ratusan siswa SMK N 32 di Tebet, Jakarta Selatan terkejut ketika terdengar arahan dari pengeras suara yang meminta mereka berkumpul di aula sekolah. 

RATUSAN siswa SMK N 32 di Tebet, Jakarta Selatan terkejut ketika terdengar arahan dari pengeras suara yang meminta mereka berkumpul di aula sekolah.

Padahal, hari masih pagi dan pelajaran belum dimulai.

Mereka saling bertanya satu sama lain sambil berbondong-bondong menuju ruang aula di lantai tiga sekolah itu.

Mereka pun dibuat makin bingung dengan hadirnya sejumlah petugas dari BNN Provinsi DKI Jakarta yang sudah ada di aula.

Rupanya hari itu, BNNP DKI akan melakukan tes urin kepada siswa, guru dan karyawan sekolah.

"Memang setiap kali tes urin ini sifatnya rahasia dan dadakan. Hanya kepala sekolah dan wakil kepala sekolah yang tahu. Ini agar efektif bisa mendapatkan hasil yang akurat," ujar dr Shilvya Febrina selaku Kasi Pemberdayaan Masyarakat BNNP DKI Jakarta kepada Warta Kota di sela kegiatan, Selasa (14/8/2018).

Shilvya kemudian berbicara di depan ratusan siswa itu mengenai maksud dan tujuan mereka dikumpulkan di sana, yakni edukasi bahaya narkotika serta tes urine.

Ia kemudian menjelaskan mengenai permasalahan-permasalahan menyangkut penyalahgunaan narkotika termasuk bahaya yang akan ditimbulkannya.

Setelah itu, para siswa menjalani tes urine satu persatu.

Shilvya menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari program BNNP DKI Jakarta dalam melakukan pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan masyatakat, khususnya pelajar.

Tahun ini, sosialisasi dan tes urine dilakukan di 100 sekolah mulai tingkat SMP hingga SMU/SMK serta di lembaga-lembaga pemerintahan.

Lebih baik mencegah daripada mengobati, demikian dikatakan dokter cantik ini.

"Hasil dari penelitian saat ini, terdapat sebanyak 3,2 juta pengguna narkoba dan 24 persennya dari kalangan pelajar. Maka kita akan gencarkan upaya pencegahan dan edukasi seperti ini khususnya di Jakarta," imbuhnya.

Tes urine yang dilakukan untuk menemukan kandungan sejumlah narkotika seperti ganja, sabu, ekstasi, morfin, kokain, obat penenang dan tembakau sintetis atau tembakau gorila.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved