Idul Adha 2018

Ada Pemeriksaan Kesehatan, Pembeli Sebut Tambah Yakin dan Tenang saat Beli Hewan Kurban

Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Bekasi menyisir pedagang hewan kurban untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Ada Pemeriksaan Kesehatan, Pembeli Sebut Tambah Yakin dan Tenang saat Beli Hewan Kurban
Warta Kota/Muhammad Azzam
Lokasi penjualan hewan kurban di Pekayon, Bekasi Selatan pada Selasa (14/8/2018). 

DINAS Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi menyisir pedagang hewan kurban untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan.

Pemeriksaan dilakukan guna memastikan terjaminnya kesehatan hewan kurban yang dijual kepada pembeli.

Atas langkah tersebut, Farouk (38) salah satu pembeli hewan kurban mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Bekasi dalam hal ini Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan).

"Bagus ya adanya pemeriksaan ini. Membuat kita pembeli jadi tambah yakin kalau hewan kurban yang dibelinya dalam keadaan sehat dan aman untuk dikomsumsi," ujarnya kepada Warta Kota, saat ditemui di lokasi penjualan hewan kurban di Pekayon, Bekasi Selatan pada Selasa (14/8/2018).

Farouk mengatakan selain melihat segi kesehatan hewan kurban, petugas juga melihat sisi syarat-syarat hewan kurban yang sesuai syariaat.

"Jadi tadi ada peneguran juga bagi penjual hewan kurban yang kedapatan menjual hewan kurban belum cukup umur ataupun cacat. Ya intinya ini agenda rutin yang harus tetap dilakukan, dan menyeluruh ke lokasi penjualan hewan kurban," ucapnya yang sedang mencari sapi untuk berkurban.

Pembeli lainnya, Burhanuddin (35) juga menyebut pemeriksaan yang dilakukan Dinas terkait dapat membuat dirinya tenang dan lega akan jaminan kesehatan hewan kurban yang dibeli.

"Ya bagus pastinya, ditambah ada pin kesehatan atau surat kesehatan yang bisa kita lihat. Malau saya kan hanya bisa lihat kesehatan apa yang nampak aja, engga tau lebih rinci ciri-ciri hewan kena antraks atau ada cacingnya," ujarnya.

Sementara seorang penjual Muhammad Adil (43) menyebut pemeriksaan yang dilakukan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) selalu rutin dilakukan setiap tahunnya dilapak hewan kurban.

"Ini kan memang agenda rutin. Kami juga dapat arahan dari Dinas soal kesehatan hewan. Saya mah senang dan tidak masalah dilakukan pemeriksaan ini. Toh bermanfaat juga, kami juga kan engga mau jual hewan kurban yang berpenyakit. Kita jual hewan yang berkualitas," paparnya yang telah mejadi pedagang hewan kurban belasan tahun.

Sebelumnya Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi mengerahkan 317 petugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban.

Pemeriksaan dilakukan guna memastikan kesehatan hewan kurban terjamin sehingga membuat pembeli tenang saat membelinya.

Pemeriksaan hewan qurban meliputi kondisi fisik hewan, seperti kondisi hidung, kuku, mulut, suhu atau temperatur tubuh, serta performa hewan kurban.

"Saya jamin, tahun ini hewan-hewan qurban yang dijual di Kota Bekasi akan aman dari segala macam penyakit," kata Satia Sriwijayanti, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kota Bekasi. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved