Warga Palmerah Keluhkan PPSU Sudah Jarang Bersihkan Got

"PPSU-nya saja jarang bersihkan saluran air di sini Pak. Biasanya, setiap pagi ada. Kalau saat-saat ini sudah mulai enggak kelihatan lagi

Warga Palmerah Keluhkan PPSU Sudah Jarang Bersihkan Got
Warta Kota
Saluran air di Jalan Palem Utama, Palmerah, Jakarta Barat, terpantau dipenuhi sampah dan dalam kondisi tersumbat. 

Sejumlah warga saat ini mempertanyakan kinerja dan keberadaan para Petugas Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), khususnya di Kota Jakarta Barat. Sampai saat ini, warga juga mulai mengeluhkan, terkait hal aliram saluran air mulai tersumbat karena ada sampah.

Hal ini, mulai nampak di Kawasan Kecamatan Palmerah, Kebon Jeruk, Cengkareng, dan juga Kembangan. Di lokasi itu, saluran air kawasan pemukiman warga mulai kotor, bau, dan penuh dengan sampah.

Saluran air di Jalan Palem Utama, dekat Pasar Bintang Mas, Palmerah saluran airnya nampak mampet akibat banyak sampah. Selain itu, ada batang pohon kecil dibiarkan menutup aliran di saluran airnya.

Bau menyengat tercium dari saluran berwarna hitam itu. Bahkan, jentik-jentik nyamuk saat ini mulai merajalela di saluran air tersebut.

Kondisi tidak jauh berbeda juga terjadi di jalan Palmerah Barat 1. Terpantau di saluran air itu, mulai dipenuhi sampah.

"PPSU-nya saja jarang bersihkan saluran air di sini Pak. Biasanya, setiap pagi ada. Kalau saat-saat ini sudah mulai enggak kelihatan lagi tuh pak. Makanya, saluran air lingkungan warga di sini mulai timbul bau busuk dari saluran. Tidak hanya itu saja, warga di sini juga telah terbiasa dengan keberadaan PPSU. Jadi, kerja bakti itu mulai jarang dilakukan," terang salah seorang warga di RT 007/005, Palmerah, Jakarta Barat, Yusrina (45), Kamis (9/8/2018).

Lain hal dengan Mahmudin (39), selaku warga Adikarya, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Kondisi saluran air di lingkungan rumahnya bertumpuk sampah hingga menutupi saluran air dan pada bibir jalan umum.

Bau busuk menyengat mulai muncul di setiap pagi hari hingga malam hari. Alhasil, dirinya ini pun pertanyakan keberadaan PPSU.

"PPSU mulai melempem nih. Enggak kelihatan lagi. Makanya, lingkungan warga sekarang pun jadi kawasan tak tertawat. Walau, warga di sini juga mulai menjaga kebersihan tapi kan engga setiap hari.

Sementara itu Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengatakan, kinerja PPSU mengalami sedikit penurunan, dibandingkan beberapa hari lalu.

Rustam menjelaskan kalau pihaknya saat ini telah meminta Lurah dan Camat, untuk rutin meningkatkan motivasi terhadap PPSU.

"Saya tegaskan ke semua Lurah dan Camat itu, agar meningkatkan kinerja PPSU, atau tambah personel. Kalau dulu sudah baik, yah sekarang juga harus lebih baik. Biasakan, gelar apel baik dari Kelurahan dan Kecamatan. Cek, apa PPSU banyak yang bolos kerja atau tidak," paparnya.

Sementara itu, Camat Kebon Jeruk, Abdullah mengatakan jika kinerja PPSU, ditentukan oleh Lurah melalui Kepala Seksi (Kasi) Sarana, yang di Kelurahan setempat

"Kinerja PPSU terus digenjot ya, walau saat ini kepemimpinan berganti orang. Jadi, siapapun pemimpinnya, PPSU harus loyal," katanya.

Penulis:
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved