Pilpres 2019

PN Sleman Bocorkan, Mahfud MD Sudah Urus Surat Keterangan Tidak Pernah Jadi Terpidana

Pengadilan Negeri Sleman menyebutkan, Mahfud MD sudah mengurus surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana.

PN Sleman Bocorkan, Mahfud MD Sudah Urus Surat Keterangan Tidak Pernah Jadi Terpidana
TRIBUNNEWS/TAUFIK ISMAIL
Mahfud MD di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (14/3/2018). 

PENGADILAN Negeri Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan bahwa Mahfud MD sudah mengurus surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana untuk keperluan pencalonan sebagai pejabat negara.

"Warga Sleman atas nama Profesor Mahfud MD telah mengajukan permohonan Surat Keterangan Tidak Pernah Sebagai Terpidana. Pengajuan dilakukan pada Rabu 8 Agustus 2018," kata Humas Pengadilan Negeri (PN) Sleman Ali Sobirin di Sleman, Kamis (9/8/2018).

Menurut dia, atas pengajuan permohonan tersebut, PN Sleman kemudian menerbitkan surat sesuai dengan permohonan yakni keterangan tidak pernah sebagai terpidana.

"PN Sleman telah menerbitkan surat keterangan bernomor surat 1030/SK/HK/08/2018/PNSmn," katanya.

Ia mengatakan, dalam surat tersebut menerangkan bahwa Mahfud MD berdasarkan hasil pemeriksaan register perkara pidana pengadilan hingga saat dikeluarkan keterangan, yang bersangkutan tidak sedang menjalani hukuman pidana penjara dan tidak pernah dijatuhi hukuman pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan negeri yang mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih.

"Setelah ada permohonan, kemudian dilakukan dicek di register perkara pidana, pemohon bersangkutan tidak pernah dijatuhi pidana," katanya.

Ali Sobirin mengatakan, surat keterangan tersebut dikeluarkan dan ditandatangani oleh Ketua PN Sleman Erma Suharti.

Ia mengatakan, alasan pemohon mengajukan surat tersebut karena akan dipakai untuk syarat mendaftar sebagai calon pejabat negara.

"Surat keterangan tersebut diajukan dan dimohonkan untuk dipergunakan sebagai persyaratan pencalonan sebagai pejabat negara," katanya. (Antara)

Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved