Idul Adha 2018

100 Orang Pengurus Masjid Ikut Sosialisasi Pemotongan Hewan Kurban di Kantor Wali Kota Jakarta Utara

“Sehingga kita perlu kasih tahu dari jauh-jauh hari. Jangan sampai nanti pemotongannya dilaksanakan di lokasi yang kita anggap steril dari situ.”

100 Orang Pengurus Masjid Ikut Sosialisasi Pemotongan Hewan Kurban di Kantor Wali Kota Jakarta Utara
Warta Kota/Junianto Hamonangan
Sosialisasi pemotongan hewan kurban dibuka Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (9/8/2018) 

WARTA KOTA, TANJUNG PRIOK--- Pemerintah Kota Jakarta Utara menggelar sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban di Ruang Bahari, Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Kamis (9/8/2018).

Sosialisasi  ditujukan agar pemotongan hewan kurban  yang akan dilakukan  tidak menyalahi aturan.

Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau mengatakan bahwa pihaknya perlu menggelar sosialisasi pemotongan hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha pada 22 Agustus 2018 mendatang.

“Sebentar lagi Idul Kurban sehingga pemerintah kota perlu lakukan sosialisasi kepada masyarakat yang memang punya tempat pemotongan, tujuannya bagaimana supaya Jakarta Utara tertib dari sisi penyembelihan,” ujarnya.

Baca: Tim Kesehatan Cek Hewan Kurban, Pedagang Berharap Pembeli Tak Perlu Ragu

Syamsuddin menambahkan, Idul Adha kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena bertepatan dengan perhelatan olahraga Asian Games 2018 yang digelar 18 Agustus - 2 September 2018.

“Sehingga kita perlu kasih tahu dari jauh-jauh hari. Jangan sampai nanti pemotongannya dilaksanakan di lokasi yang kita anggap steril dari situ,” ucapnya.

“Jangan nanti dilaksanakan pemotongan di tempat yang dianggap terlarang karena sekarang atlet sudah mulai masuk, tanggal 18 (Agustus) pembukaan, berarti harus steril di lokasi yang dinyatakan tidak boleh,” ucapnya.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Utara Rita Nirmala mengatakan, peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut berasal dari 50 masjid di enam kecamatan di Jakarta Utara.

“Tadi pesertanya 100 orang dari 50 masjid yang merupakan pengelola masjid, khususnya pengurus dalam hal pemotongan hewan,” ucap Rita.

Baca: Jelang Idul Adha Sudin KPKP Jaktim Periksa Kesehatan Hewan Kurban di 548 Penampungan

Rita menambahkan, materi yang disampaikan menyangkut aspek syariah dengan pembicara berasal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Utara.

Selain itu, ada juga aspek kesejahteraan hewan, higienis dan sanitasi dari dokter hewan.

“Kita ada juga bantuan sarana kelengkapan waktu pemotongan nanti berupa terpal untuk alas daging supaya nggak di lantai, ada 40 meter panjangnya, sarung tangan, masker, pisau dan pengasahnya,” ucap Rita.

Penulis: Junianto Hamonangan
Editor: Intan Ungaling Dian
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved