Gempa Bumi

Tak Ingin Ganggu Proses Evakuasi Korban Gempa, Jokowi Cari Waktu Pas ke NTB

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meminta‎ penanganan para turis dan jadwal penerbangan pesawat segera diatasi.

Tak Ingin Ganggu Proses Evakuasi Korban Gempa, Jokowi Cari Waktu Pas ke NTB
Twitter/@Sutopo_PN
WISATAWAN asing dievakuasi dari Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno di Lombok Utara, pasca gempa bumi yang melanda kawasan ini pada Minggu (5/8/2018) malam. Evakuasi dilakukan menggunakan tiga buah kapal. 

PRESIDEN Joko Widodo akan mencari waktu yang tepat untuk meninjau lokasi terdampak gempa di Nusa Tenggara Barat (NTB) pada akhir pekan kemarin.

Keputusan Jokowi tak meninjau saat ini, karena ditakutkan kedatangannya malah mengganggu aktivitas penanganan masyarakat yang terdampak gempa.

"Kalau saya ke sana justru mengganggu konsentrasi aparat di lapangan, saya cari waktu yang pas agar tidak mengganggu proses-proses evakuasi," ujar Jokowi di Jakarta, Senin (6/8/2018).

Baca: Posting Video Imam Masjid Tetap Salat Saat Gempa, Yusuf Mansur: Ya Allah, Nangis Nih Saya

Meski tidak meninjau secara langsung saat ini, Jokowi mengaku telah memerintahkan seluruh jajarannya untuk melakukan penanganan dengan cepat, baik bantuan logistik maupun dokter.

"Sudah saya sampaikan, saya serahkan ke Menko Polhukam (Wiranto)," ucap Jokowi.

Selain membantu masyarakat Indonesia, mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun meminta‎ penanganan para turis dan jadwal penerbangan pesawat segera diatasi.

Baca: Korban Meninggal Gempa NTB Tembus 91 Orang, 209 Luka-luka

"Saya pesan ke Menko Polhukam agar dilakukan pelayanan yang sebaik-baiknya, jangan sampai ada yang kurang, terutama dalam rangka jawal penerbangan yang kemarin, tadi malam banyak tertunda," papar Jokowi.

Sedangkan terkait bantuan memperbaiki bangunan-bangunan rumah warga di NTB, pemerintah saat ini sedang melakukan pendataan di lapangan.

"Nanti akan kita putuskan setelah melihat di lapangan, tetapi bahwa akan diberikan bantuan, iya, jumlahnya yang belum," tutur Jokowi.

Sebelumnya, ‎gempa 7 SR mengguncang Nusa Tenggara Barat pada Minggu (5/8/2018) pukul 18.46 WIB. (Seno Tri Sulistiyono)

Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved