Ratusan Kilo Buah Asal Thailand yang Masuk ke Indonesia Mengandung Larva Lalat

Ratusan kilogram buah tersebut masuk melalui Bandara Soekarno Hatta sudah dalam kondisi busuk akibat terinfeksi larva lalat

Ratusan Kilo Buah Asal Thailand yang Masuk ke Indonesia Mengandung Larva Lalat
Wartakotalive.com/Andika Panduwinata
Ratusan kilo buah dari Thailand yang sudah busuk dan mengandung larva lalat dimusnahkan di Balai Besar Karantina Pertanian Soekarno Hatta, Tangerang, Kamis (2/8/2018). 

SETELAH  melalui prosedur tindakan karantina, ratusan kilo buah asal Thailand yang masuk ke Indonesia dimusnahkan Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Soekarno Hatta, Tangerang.

“Ratusan kilogram buah tersebut masuk melalui Bandara Soekarno Hatta sudah dalam kondisi busuk akibat terinfeksi larva lalat buah hidup, setelah diidentifikasi di laboratorium merupakan spesies yang belum ada di Indonesia,”ujar Imam Djajadi, Kepala BBKP Soekarno Hatta, Kamis (2/8/2018).

Tercatat sampai akhir Juli kemarin, sejumlah 630 kg rose apple (jambu air) (Syzygium samarangense var. samarangense) yang terinfeksi lalat buah Bactrocera correcta dan Bactrocera dorsalis complex masih berada dalam pengawasan petugas karantina.

Tidak hanya itu, namun juga terdapat buah Long Kong (Lansium parasiticum) sebanyak 180 kg asal Thailand yang terinfestasi kutu putih Pseudococcus baliteus.

Baca: Bila di Sekelilingnya Tak Ada Lalat, Sudah Pasti Ikan Mengandung Formalin

Baca: Dadang Mengaku Pria di Bungkus Rokok, Tapi Kok di Thailand Fotonya Sudah Dipakai Sejak 2005

Baca: Krisdayanti Kini Hilangkan Penampilan Glamor demi Nyaleg

Imam menjelaskan, bahwa bila buah impor yang terinfeksi larva lalat buah ini tidak segera dimusnahkan, maka tidak hanya membahayakan pertanaman jambu air tapi juga tanaman buah lainnya di Indonesia.

“Kami melakukan tindakan pemusnahan ini guna menjamin larva lalat buah dan juga kutu putih yang dapat membahayakan ini tidak masuk dan tersebar di negara kita," ucapnya.

Menurutnya pemusnahan dilakukan sesuai amanat UU Nomor 16 Tahun 1992 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

Demi terjaganya sumber daya alam hayati Indonesia dari ancaman Hama dan Penyakit dari luar wilayah Republik Indonesia.

Selain jambu air dan Long Kong (duku_red), Karantina Soekarno Hatta juga memusnahkan beberapa komoditas pertanian yang masuk ke Indonesia dalam kurun waktu tiga bulan terakhir.

Pemusnahan dilakukan di antaranya karena tidak dilengkapi dengan dokumen persyaratan karantina dan berdasarkan pemeriksaan kesehatan di laboratorium ditemukan hama dan penyakit yang dapat mengancam sumber daya alam hayati di Indonesia.

Halaman
12
Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Dian Anditya Mutiara
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved