Pemkot Bekasi Luncurkan Aplikasi Titik Jumantik

Aplikasi yang diluncurkan Diskominfo Kota Bekasi guna mempermudah pemantauan jentik nyamuk di wilayah.

Pemkot Bekasi Luncurkan Aplikasi Titik Jumantik
Teti Handayani, Kepala Bidang E-Goverment Diskominfo Kota Bekasi. (Foto: Istimewa) 

WABAH demam berdarah, berawal dari jentik nyamuk. Untuk itu Pemerintah Kota Bekasi meluncurkan aplikasi Titik Jumantik (Juru Pemantau Jentik).

Aplikasi yang diluncurkan oleh Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfo) Kota Bekasi guna mempermudah pemantauan jentik nyamuk diwilayah.

"Ini baru soft launcing, rencananya sekitar 5 Agustus ini baru launcing dan bisa di download di Appstore," ujar Teti Handayani Kepala Bidang E-Goverment Diskominfo, pada Kamis (2/8/2018).

Teti mengatakan aplikasi Titik Jumantik adalah aplikasi yang diperuntukkan untuk kader Posyandu di tingkat RT dan RW agar memudahkan pelaporan.

"Tujuannya aduan masyarakat terkait adanya jentik nyamuk di rumah atau lingkungannya dapat direspon cepat oleh tim Jumantik RT/RW untuk melakukan penanganan," kata Teti.

Teti berharap dengan adanya Aplikasi Titik Jumantik ini, para kader posyandu yang menjadi tim jumantik dapat dengan cepat melakukan penangan temuan jentik nyamuk tanpa harus menunggu berhari-hari.

"Ini kan jelas jadinya, ketauan mana yang tertangani mana yang belum. Jadi penilaian juga buat tim Jumantik. Kader Posyandu juga jika menemukan adanya virus atau malaria bisa dilaporkan melalui aplikasi," jelasnya.

Untuk tahap awal, lanjut Teti Aplikasi Titik Jumantik akan diterapkan di dua Kelurahan yakni Kelurahan Margahayu Bekasi Timur, dan Kelurahan Margajaya Bekasi Selatan.

"Kalau sukses di Kelurahan itu, akan kami terapkan di seluruh RT RW di 12 kecamatan," paparnya. (M18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved