Gempa Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani Longsor

"Untuk sementara pendakian gunung Rinjani ditutup karena ada indikasi longsor berupa debu di sekitar gunung," ungkapnya

Gempa Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani Longsor
Turis asing berhamburan keluar hotel Rinjani Lodge mengantisipasi gempa 6.4 SR dan susulannya di Lombok Timur. Hingga saat ini belum ada data korban dari turis akibat gempa. (Foto: Instagram @Sutopo_PN) 

LARANGAN sekaligus penutupan Taman Nasional Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (29/7/2018) pagi.

Pasca diguncang gempa bumi bersusulan, longsor terlihat terjadi di sejumlah jalur pendakian Gunung Rinjani.

Baca: Gempa Nusa Tenggara Barat, Gunung Rinjani Ditutup Sementara

Fenomena alam itu disampaikan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho lewat akun twitternya @Sutopo_PN pada Minggu (29/7/2018) pagi.

Dalam potret yang dibagikannya, debu terlihat mengepul di salah satu sisi Gunung Rinjani.

Baca: Gempa Nusa Tenggara Barat, Turis Malaysia Tewas Tertimpa Tembok Roboh

Belum diketahui jalur apa yang mengalami longsor, akan tetapi debu terlihat deras hingga tertiup menuju permukiman warga.

"Debu beterbangan akibat longsor dari puncak Gunung Rinjani akibat diguncang gempa 6,4 SR. Aparat masih melakukan pendataan. Pendakian ditutup," tulis Sutopo Purwo Nugroho lewat twitternya @Sutopo_PN.

Sebelumnya, pasca gempa pertama yang diketahui terjadi pada pukul 05.47 WIB itu, status penutupan Taman Nasional Gunung Rinjani diberlakukan.

Alasannya karena dikhawatirkan terjadi gempa susulan yang dapat menyebabkan longsor di kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

"Untuk sementara pendakian gunung Rinjani ditutup karena ada indikasi longsor berupa debu di sekitar gunung," ungkapnya dalam siaran tertulis pada Minggu (29/7/2018).

Diketahui, titik gempa berada di dasar laut empat lokasi, antara lain 28 km Barat Laut Lombok Timur, 32 km Timur Laut Lombok Utara, 57 km Timur Laut Lombok Tengah dan 61 km Timur Laut Mataram, NTB. Gempa terkuat terekam berkekuatan 6,4 skala richter.

Halaman
12
Penulis: Dwi Rizki
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved