Tutup Job Fair, Sekda Minta Perusahaan Prioritaskan Warga Kota Tangerang dalam Penerimaan Karyawan

Para pelamar yang datang dari berbagai golongan pendidikan juga turut menjadi perhatian panitia.

Tutup Job Fair, Sekda Minta Perusahaan Prioritaskan Warga Kota Tangerang dalam Penerimaan Karyawan
WARTA KOTA/ANDIKA PANDUWINATA
Job fair di Metropolis Town Square, Kota Tangerang. 

METROPOLIS Town Square dipenuhi para pelamar kerja pada 24-26 Juli 2018.

Job fair yang diadakan secara rutin tersebut, tahun ini diikuti 48 perusahaan swasta, dan mendatangkan 11.056 pelamar dari berbagai wilayah sekitar Kota Tangerang.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri, Kamis (26/7/2018), saat menutup job fair, didampingi Kepala Dinas Ketenagakerjaan Rakhmansyah.

Baca: Zulkifli Hasan Ungkap Tiga Bulan Lalu Jokowi dan Amien Rais ‎Nyaris Bertemu

Dadi menitipkan pesan kepada para HRD perusahaan, agar lebih memprioritaskan warga Kota Tangerang dalam penerimaan karyawan.

"Jumlah pengangguran pada tahun ini berada di angka 74.981 orang, Pemkot terus berusaha menekan angka tersebut. Maka saya berpesan pada HRD perusahaan yang menjadi rekan pada acara job fair tahun ini, agar lebih memprioritaskan warga Kota Tangerang. Tentunya jika pelamar memenuhi kriteria yang diinginkan," pesan Dadi.

Selain diadakannya job fair, Pemkot Tangerang juga memiliki aplikasi Tangerang LIVE yang di dalamnya terdapat aplikasi pencarian kerja, yaitu layanan ketenagakerjaan (siap kerja). Hal ini adalah salah satu bentuk keseriusan Pemkot Tangerang dalam menekan angka pengangguran di wilayahnya.

Baca: BPIP Ingin Pelajaran Pancasila Berdiri Sendiri

Rakhmansyah juga bicara tentang jumlah pengunjung yang datang di acara job fair tahun ini

"Terhitung 11.056 pelamar yang datang, di antaranya terdapat warga kota Tangerang 4.632, dan warga luar kota Tangerang sebesar 6.424 pelamar," papar Rakhmansyah.

Para pelamar yang datang dari berbagai golongan pendidikan juga turut menjadi perhatian panitia. Pelamar berijazah Strata 1 sebanyak 694 orang, Diploma sebanyak 156 orang, SMA sebanyak 1.117, SMK sebanyak 2.644, dan SMP sebanyak 21 orang.

Baca: Bantah Sebagai Sosok di KRL yang Viral, Warga Pamulang Ini Juga Mirip Soeharto

Tahun berikutnya, job fair direncanakan diselenggarakan melalui aplikasi online, sehingga memudahkan para pelamar kerja.

"Selain job fair, Dinas Ketenagakerjaan juga mengadakan pelatihan-pelatihan khusus bagi warga yang belum bekerja, sehingga warga bisa tetap berpenghasilan dengan cara berwirausaha," tuturnya. (*)

Penulis: Andika Panduwinata
Editor: Yaspen Martinus
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved