PPDB 2018

Ombudsman Kaji Tindakan Korektif Jual Beli Bangku di SMAN 8 Depok, Usai PPDB

Ombudsman tengah mengkaji tindakan korektif dan tindakan lainnya terkait adanya jual beli bangku di SMAN 8 Depok.

Ombudsman Kaji Tindakan Korektif Jual Beli Bangku di SMAN 8 Depok, Usai PPDB
Warta Kota/Budi Sam Law Malau
Unjuk rasa ratusan ortu siswa miskin di Balai Kota Depok karena anak mereka ditolak di SMP Negeri di Depok, Rabu (11/7/2018). 

OMBUDSMAN RI Perwakilan Jakarta Raya tengah mengkaji tindakan korektif dan tindakan lainnya terkait adanya jual beli bangku di SMAN 8 Depok, dengan modus membuka dua kelas baru atau dua rombongan belajar (rombel) tambahan, setelah PPDB SMA berakhir.

Hal itu dikatakan Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho kepada Warta Kota, Jumat (27/7/2018).

"Kami sedang selesaikan dulu kajiannya, termasuk tindakan apa yang akan kami lakukan. Baik sebagai tindakan korektif atau tindakan lainnya," kata Teguh.

Dengan begitu kata Teguh, diharapkan jual beli bangku sekolah di SMA Negeri dengan modus seperti ini tidak lagi terjadi di SMAN 8 Depok, ke depannya.

Seperti diketahui informasi adanya pungutan biaya sebesar Rp 6,5 Juta sampai Rp 8 Juta bagi ortu siswa yang ingin anaknya diterima di SMAN 8 Depok yang berlokasi di Jalan Natsir, Cilodong, Depok, diungkapkan Ombudsman RI dan diperkuat oleh sejumlah ortu siswa yang enggan disebutkan namanya.

Ketua Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya Teguh Nugroho mengaku sudah menerima laporan dan mendapat bukti mengenai hal itu.

Teguh mengatakan yang terjadi di SMAN 8 Depok adalah pihak sekolah membuka 2 kelas baru atau rombongan belajar (rombel) tambahan bagi siswa baru, setelah PPDB berakhir.

Jika satu kelas adalah 36 siswa maka ada 72 bangku siswa yang dibuka dan pada akhirnya diperjualbelikan.

"Ini jelas-jelas jual beli kursi. Ada dua kelas tambahan atau rombel tambahan yang diperjualbelikan," kata Teguh.

Besaran jual beli bangku memang mencapai Rp 8 Juta per siswa atau bisa melalui calo yang merupakan orang yang dekat dengan pihak sekolah.

Halaman
12
Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Hertanto Soebijoto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved