Jelang Lebaran Betawi, Persiapan PBB Setu Babakan Sudah Mencapai 70 Persen

Lebaran Betawi selalu menjadi momen yang menjadi pusat kegiatan masyarakat di Jakarta.

Jelang Lebaran Betawi, Persiapan PBB Setu Babakan Sudah Mencapai 70 Persen
Warta Kota/Feryanto Hadi
Lebaran Betawi selalu menjadi momen yang menjadi pusat kegiatan masyarakat di Jakarta. 

PIHAK Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan terus menyelesaikan sejumlah pekerjaan untuk memastikan gelaran Lebaran Betawi berjalan lancar.

Kasatlak Pelayanan Informasi dan Edukasi UP Kawasan PBB Setu Babakan, Bayu Permana menyatakan, persiapan yang sudah dilakukan hingga Kamis (26/7/2018) mencapai 70 persen.

"Secara umum, sudah mau selesai, masuk 70 persen. Sekarang kita masih selesaikan tenda di kawasan embrio serta menyelesaikan dekorasi rumah walikota. Persiapan lain, tenda untuk pedagang serta pemasangan lampunya," kata Bayu kepada Warta Kota, Kamis (26/7/2018).

Persiapan jelang Lebaran Betawi sudah dilakukan beberapa waktu lalum Dari pintu masuk utama, sudah terpasang umbul-umbul warna-warna di sisi kiri dan kanan jalan yang siap menyambut para pengunjung. Memasuki lobi gedung utama, ragam kembang menambah semarak suasana.

Sementara itu, di bagian amphitheater, tenda besar telah didirikan. Panggung utama yang berada di tengah-tengah ruang pertunjukan kini dipasangi karpet merah besar.

Tepat di muka panggung utama, terlihat miniatur rumah tradisional Betawi, lengkap dengan hiasan ornamen betawi. Rumah Betawi itu nantinya akan digunakan untuk tempat duduk para tamu undangan resmi.

Di belakang panggung utama, berdiri enam rumah adat Betawi. Jumlah itu sesuai dengan lima kota dan satu kabupaten administratif yang ada di Jakarta.

Acara itu sedianya akan berlangsung mulai Jumat 27 Juli hingga Minggu 29 Juli. Namun, Bayu menyebut pada Jumat malam hanya akan digelar Malam Mangkat berupa doa bersama. Sedangkan pelaksanaan Lebaran Betawi akan berlangsung Sabtu dan Minggu.

"Kami opstimistis persiapan agar segera selesai. Meskipun kami hanya ketempatan saja, karena panitianya Bamus Betawi, tapi kami suport maksimal," ujarnya.

Sejumlah pedagang makanan khas Betawi pun akan turut meramaikan Festival Lebaran Betawi ini, seperti penjual bir pletok, kerak telor, hingga dodol Betawi.

Tak hanya dekorasi, sejumlah acara kesenian juga disiapkan untuk menghibur para pengunjung yang datang, mulai dari tanjidor dan ondel-ondel bergoyang, musik gambang kromong, atraksi silat Betawi, rebana biang, lenong, hingga layar tancap.

Lebaran Betawi selalu menjadi momen yang menjadi pusat kegiatan masyarakat di Jakarta.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved