Tiket Pembukaan Asian Games 2018 Dinilai Kemahalan

Penetapan harga tiket masuk seremoni pembukaan Asian Games 2018 pada 18 Agustus mendatang, sangat mahal dan tidak membumi.

Tiket Pembukaan Asian Games 2018 Dinilai Kemahalan
Kiostix.com
Gambar ilustrasi pembukaan Asian Games 2018 yang dimuat di situs kiostix.com. 

DIREKTUR Eksekutif Jakarta Research and Public Policy (JRPP) Muhamad Alipudin menilai penetapan harga tiket masuk seremoni pembukaan Asian Games 2018 yang akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), pada 18 Agustus mendatang, sangat mahal dan tidak membumi.

Dari pantauannya, tiket masuk acara pembukaan Asian Games 2018 itu, sudah dijual secara online.

Salah satunya di Kiostix.com. Di sana harga tiket masuk dibanderol dalam tiga pilihan harga. Yakni Rp 750 Ribu, Rp 1,5 Juta, dan Rp 5 juta.

"Penetapan harga tiket ini tidak membumi. Salah satu indikator kesuksesan Asian Games 2018 adalah keterlibatan rakyat. Karenanya Pemerintah Provinsi DKI sebagai tuan rumah, harus menjadikan ajang ini sebuah pesta rakyat. Caranya sederhana, dengan memberikan harga tiket yang terjangkau, sehingga masyarakat jadi penonton langsung. Sebab Asian Games harusnya menjadi hiburan bagi masyarakat," papar Alipudin melalui surat elektroniknya yang diterima Warta Kota, Rabu (25/7/2018).

Ia mengatakan ajang Asian Games semestinya menjadi konsumsi publik, dan tidak hanya golongan tertentu atau yang mampu saja.

"Kalau dibilang harga segitu terjangkau, itu menurut perspektif kaum menengah ke atas. Pemprov DKI yang selama ini katanya berpihak kepada rakyat kecil, juga harus mempertimbangkan golongan kecil yang ingin menonton. Tapi kalau melihat harga tiketnya, tentu tidak terjangkau rakyat kecil," kata Alipudin.

Menurutnya aspek bisnis dalam penyelenggaraan pembukaan Asian Games 2018 mengakibatkan pemerintah dan penyelenggara akhirnya melupakan rakyat kecil yang haus akan hiburan.(bum)

Penulis: Budi Sam Law Malau
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved