Polisi Terapkan Tilang dan Bayar Ditempat Biar Jera

Polisi menerapkan sanksi tilang dan bayar di tempat kepada para pelanggar lalu lintas agar timbul efek jera.

Polisi Terapkan Tilang dan Bayar Ditempat Biar Jera
Warta Kota/Panji Baskhara Ramadhan
Polisi dan petugas gabungan menghentikan pengendara motor yang belum membayar pajak kendaraannya. 

POLISI menerapkan sanksi tilang dan bayar di tempat kepada para pelanggar lalu lintas. Sejak pagi sekitaran 09.30 WIB, hingga 11.30 WIB, Kusno (41), tidak henti-hentinya memohon kepada petugas agar tidak ditilang.

Kusno ditilang di dekat Pintu Tol Cengkareng Barat, Cengkareng, Jakarta Barat, lantaran tak membayar pajak motornya nyaris lebih dari tiga tahun.

Panas terik membuat dada, punggung, hingga wajahnya basah berkeringat saat beradu argumen dengan petugas gabungan yang juga sedang sibuk menilang kendaraan lainnya.

Kusno yang merupakan warga Cengkareng meminta petugas untuk mengembalikan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK-B) motor miliknya yang dipegang petugas.

"Bapak ini seenaknya mau bawa motor namun enggak juga bayar pajak. Ini mau tiga tahun ya bapak enggak bayar pajak motor. Mau dibayar apa motornya kami tahan saja deh sekalian ya pak? Jangan begitu. Bayar pajaknya," paparnya seorang petugas yang saat itu mengimbau ke Kusno untuk membayar pajak di lokasi razia, Rabu (25/7/2018).

Kusno mengaku dirinya tidak membayar pajak lantaran penghasilannya sebagai tukang ojek pangkalan tak lagi dapat menutup tunggakan pajak kendaraannya tersebut.

"Yah namanya tukang ojek pangkalan doangan pak. Gimana mau bayar pajak. Emang kadang-kadang lupa juga, karena kan buat kebutuhan dapur pak, uang bayar pajaknya terpakai," kata Kusno.

Petugas pun menjawab, "Yasudah, ditilang saja ya. Anda jangan bawel. Karena bapak ini salah ya," katanya.

Kusno pun hanya bisa diam, dan saat itu STNK miliknya ditilang oleh petugas. Kusno nampak murung dan hanya bisa diam.

Tak hanya Kusno, seorang pengendara mobil Honda Odyssey biru donker turut terkena razia gabungan pengesahan STNK di Jalan Lingkar Luar Puri Kembangan itu.

Halaman
123
Penulis:
Editor: Max Agung Pribadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved