Lion Air Mau Bikin Bandara Sendiri di Lebak Banten

Lion Air Group berencana membuat bandara sendiri selaku maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC)

Lion Air Mau Bikin Bandara Sendiri di Lebak Banten
Istimewa
MASKAPAI Lion Air 

Lion Air Group berencana membuat bandara sendiri selaku maskapai berbiaya rendah atau low cost carrier (LCC) di daerah Lebak, Provinsi Banten.

Proses pengajuan izin pembangunan bandara yang telah berlangsung sejak 2015 kini telah sampai pada tahap pembahasan ruang udara di sana.

"Kami sedang mempersiapkan satu lokasi yang kami adakan studi kelayakan untuk mengadakan terminal LCC di Lebak, Banten. Ini sebetulnya menjadi jawaban, kami juga sedang proses untuk bisa merealisasikan adanya satu bandara atau terminal LCC," kata Direktur Operasional Lion Air Group Daniel Putut Adi Kuncoro saat ditemui di gedung DPR RI, Selasa (24/7/2018).

Daniel menjelaskan, Lion Air Group saat ini sedang berdiskusi secara intensif dengan Kementerian Perhubungan dalam mempersiapkan ruang udara di sana.

Mengenai tata ruang udara ini, perlu diatur lebih lanjut. Jika bandara di sana beroperasi, maka akan berpengaruh terhadap ruang udara beberapa bandara di sekitar sana.

Bandara yang dimaksud adalah Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Bandara Budiarto di Curug (Tangerang), Bandara Pondok Cabe di Tangerang Selatan, Bandara Atang Sanjaya di Bogor, Bandara Rumpin di Bogor, dan Bandara Halim Perdanakusuma di Jakarta.

Daniel memastikan, seluruh aspek lain seperti tanah, infrastruktur, hingga jalanan untuk bandara di Lebak sudah clear, tinggal menunggu kajian tata ruang udara yang sedang dibahas tersebut.

"Dirjen Udara sudah menugaskan kepada Direktur Navigasi Penerbangan di AirNav Indonesia dan stakeholders yang kami sebutkan tadi untuk intens melakukan pertemuan-pertemuan. Dua hari ini kami sedang melaksanakan FGD (focus group discussion) untuk menemukan solusi bagaimana mengatur tata ruang udara yang akan dipakai di bandara kami," tutur Daniel.

Secara terpisah, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Agus Santoso membenarkan pihaknya sedang rapat membahas tata ruang udara bandara Lion Air di Lebak.

Agus berharap, hasil dari pembahasan itu bisa diputuskan dan ditindaklanjuti dalam waktu dekat ini.

Halaman
12
Editor: Ahmad Sabran
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved