Lebaran Betawi 2018 Digelar Mulai 27 Juli di Setu Babakan

Lebaran Betawi 2018 digelar di kawasan PBB Setu Babakan, Jagakarsa, pada 27 sampai dengan 29 Juli 2018.

Lebaran Betawi 2018 Digelar Mulai 27 Juli di Setu Babakan
Istimewa
Spanduk Lebaran Betawi di Situ Babakan, Jakarta Selatan, pada tahun 2017. 

PESTA budaya bertajuk Lebaran Betawi 2018 akan kembali digelar di kawasan Perkampungan Budaya Betawi (PBB) Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan pada, 27 sampai dengan 29 Juli 2018.

Wali Kota Jakarta Selatan, Marullah Matali mengatakan, berbagai persiapan yang dilakukan antara lain menata rumah Wali Kota Jakarta Selatan dan panggung hiburan yang dilakukan oleh Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan, penerangan yang dilakukan Sudin Perindutrian dan Energi, penyediaan ambulans dan petugas medis dari Sudin Kesehatan.

Kemudian, Pemkot Jaksel juga akan mengerahkan keamanan yang diambil dari Satpol PP Kota, Kecamatan hingga Kelurahan, serta menyediakan tempat/truk sampah dan regu comot dari Sudin Lingkungan Hidup.

"Pada Lebaran Betawi nanti, berbagai kebudayaan Betawi akan ditampilkan seperti tari Betawi, tanjidor, gambang kromong, keroncong Jakarta, wayang kulit Betawi, ondel-ondel, lenong Betawi, palang pintu, tari topeng, berbagai permainan tradisional Betawi hingga layar tancap," ujarnya, Rabu (25/7).

Untuk acara puncaknya, lanjut Marullah, para wali kota nantinya akan memberikan hantaran makanan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Nanti kami para wali kota akan memberikan hantaran kepada Pak Gubernur berupa Pecak Gurame, Gabus Pucung serta Dodol Betawi khas Pasar Minggu. ini merupakan tradisi Betawi yang ingin dilestarikan, " tuturnya.

Marullah menambahkan, digelarnya Lebaran Betawi di wilayah Jakarta Selatan telah menjadi kebijakan Pemerintah DKI Jakarta, yang menyatakan bahwa setiap tahunnya Lebaran Betawi akan digelar di PBB Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Lebaran Betawi akan digelar selama tiga hari, dari tanggal 27 sampai 29 Juli 2018," pungkasnya.

Penulis: Feryanto Hadi
Editor: Andy Pribadi
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved