600 Siswa Miskin Tak Lolos PPDB Online Diakomodasi Bisa Masuk Sekolah Negeri

Penyisiran itu sudah dilakukan. Surat edaran pun disebar ke 52 lurah dan 12 camat di Kota Bekasi.

600 Siswa Miskin Tak Lolos PPDB Online Diakomodasi Bisa Masuk Sekolah Negeri
Warta Kota/Feryanto Hadi
Ilustrasi suasana penerimaan melalui PPDB Online. 

PIHAK Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi mengakomodir sekitar 600 calon siswa tidak mampu yang tak lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2018.

Sejumlah 600 calon siswa yang tak mampu itu didapatkan dari hasil penyisiran ke sejumlah wilayah maupun aduan dari masyarakat.

"Hasil penyisiran sekitar 600 siswa, data pasti masih menunggu rekapan terakhir. Mengingat hari ini terakhir penyisiran dan terima pengaduan," tutur Sekretaris Disdik Kota Bekasi Inayatullah, pada Rabu (25/7/2018).

Inay menjelaskan, penyisiran itu sudah dilakukan sejak Senin (23/8/2018). Surat edaran pun disebar ke 52 lurah dan 12 camat di Kota Bekasi.

"Kami keluarkan surat edaran sebagai langkah cepat untuk mengakomodir warga kurang mampu yang belum tertampung sekolah," ucapnya.

Inay mengungkapkan langkah penyisiran yang dilakukan Disdik Kota Bekasi merujuk Permendikbud nomor 14 Tahun 2018 tentang PPDB dan menjawab aduan masyarakat soal banyaknya orang tidak mampu yang tidak bisa masuk sekolah Negeri.

"Jadi kemarin setelah PPDB online tahap kedua selesai, masih ada bangku yang belum terisi. Jadi kita pikir lebih baik diisi untuk warga kurang mampu dan kita tambah tiap rombongan belajar awalnya 38 tiap kelas jadi 39 atau 40," ujarnya.

Setelah hasil penelusuran soal aduan warga tersebut, Disdik Kota Bekasi benar saja menemukan warga kurang mampu tidak lolos saat PPDB Online.

"Kan kasihan mereka, mau sekolah ke swasta engga punya duit. Jadi gini masyarakat ngadu ke RT atau Kelurahan diteruskan ke Kecamatan dan dilaporkan ke kami, setelah itu tim sekolah melihat kelapangan faktanya," katanya.

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Gede Moenanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved