Aksi Begal

Pelaku Aksi Begal yang Menewaskan Saripah Ditembak Mati

"Pelaku ingin mengambil senjata petugas. Akhirnya petugas menembak pelaku karena membahayakan,” kata Argo.

Penulis: Mohamad Yusuf | Editor: Intan Ungaling Dian
Warta Kota/Mohamad Yusuf
Subdit 4/Jatanras Ditrektorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya (PMJ) membeberkan barang bukti kasus aksi begal yang menewaskan korban Saripah di Tangerang pada 4 Juli 2018. Pelaku aksi begal ditembak mati petugas karena melawan. 

WARTA KOTA, KEBAYORAN BARU--- Subdit 4/Jatanras Ditrektorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Metro Jaya (PMJ) menembak mati pelaku pembegalan di Tangerang, baru-baru ini.

Pelaku  yakni R (30) ditembak mati karena berusaha kabur dan melawan petugas. Sebelumnya, pelaku ditangkap petugas di Pekanbaru.

“Ada dua pelaku R dan J. R berhasil kami tangkap di Pekanbaru. Tapi J masih kami lakukan pengejaran,” kata Kombes Pol Argo Yuwono, Kabid Humas Polda Metro Jaya di Mapolda Metro Jaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (19/7/2018).

 Usai melakukan aksinya, kata Argo, R melarikan diri ke Lampung. Kemudian, pelaku kabur ke Pekanbaru.

“R hendak kabur lagi ke Medan. Tapi sudah berhasil kami tangkap lebih dahulu saat di Pekanbaru,” kata Argo. Kemudian, petugas membawa pelaku ke Tangerang untuk dilakukan pengembangan penyelidikan di lokasi perampokan tersebut.

Baca: Hasil Otopsi Saripah: Begal Tidak Tusuk Korban, Hanya Tembak

 Namun, pelaku saat itu melakukan perlawanan.

“Sesampainya di Tangerang, saat hendak menunjukkan lokasi penembakan, pelaku melakukan perlawanan. Pelaku ingin mengambil senjata petugas. Akhirnya petugas menembak pelaku karena membahayakan,” kata Argo.

Petugas pun membawa  R  ke rumah sakit. Namun, nyawanya tidak tertolong.

 “R merupakan residivis yang sudah tiga kali masuk lapas (lembaga pemasyarakatan--Red). Baru dua bulan lalu ke luar dari lapas dengan kasus yang sama," kata Argo.

Menurut Argo, pelaku sudah tujuh kali beraksi melakukan perampokan.

Baca: Ini Kronologi Saripah Tewas Kena Peluru Begal di Tangerang Versi Suaminya

Tembak mati korban

Sementara itu, Wadirreskrimum PMJ, AKBP Ade Ary mengatakan, aksi perampokan yang dilakukan R bermula saat para pelaku berboncengan mengendarai sepeda motor berkeliling mencari sasaran di Tangerang dan sekitarnya.

 Pelaku mengincar sepeda motor yang diparkir di pinggir jalan atau di depan rumah. 

 “Setelah para pelaku mendapatkan sasaran, kemudian salah satu pelaku yang dibonceng turun dan langsung merusak rumah kunci sepeda motor dengan menggunakan kunci letter T,” kata Ade.

 Pelaku lainnya bertugas mengawasi situasi di sekitar lokasi aksi pencurian. 

Baca: Peluru Begal Sadis di Tangerang Tembus Paru-paru Saripah, Hasil Autopsi Tak Ada Luka Tusuk

“Lalu pada hari Rabu, 4 Juli 2018, pukul 19.00, di depan toko Freshmart Jalan HR Rasuna Said, Pakojan, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, pelaku yang berpura-pura menduduki motor milik korban, Saripah, langsung menghidupkannya dengan kunci letter T,” ucap Ade.

 Namun, aksi pelaku tersebut diketahui  korban. Saat itu, korban langsung berlari ke arah pelaku untuk menggagalkan aksi pelaku. 

 Pada saat yang sama,  pelaku  melepaskan tembakan ke arah korban. Setelah itu, pelaku melarikan diri.

 “Pelaku meninggalkan senjata api rakitan di tempat kejadian tersebut. Sementara korban tewas akibat luka tembakan itu,” kata Ade Ary.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved