Asian Games 2018

Pedagang Kaki Lima dan Parkir Liar Bakal Ditertibkan dari Stadion Patriot Selama Asian Games 2018

"Ini kan yang manfaatkan parkir liar warga sekitar. Mangkanya kita kirim surat himbauan ke kelurahan agar bisa disosialisasikan."

Penulis: Muhammad Azzam | Editor: Intan Ungaling Dian
Warta Kota/Muhammad Azzam
Stadion Patriot Chandrabhaga Kota Bekasi bakal menjadi arena pertandingan sepakbola Asian Games 2018 mendatang. 

WARTAKOTA, BEKASI--- Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi menjadi salah venue cabang olahraga sepakbola pada Asian Games 2018 pada Agustus mendatang.

Persiapan terus dilakukan oleh Pemerintah Kota Bekasi. Ada dua aspek menjadi perhatian utama yakni sterilisasi parkir liar dan pedagang kaki lima (PKL) di sekitar Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Kepala Dishub Kota Bekasi Yayan Yuliana mengatakan, pihaknya berkaca ketika Persija Jakarta menjadikan Stadion Patriot sebagai homebase selama mengarungi Liga 1 musim 2017.

Banyak yang memanfaatkan ramainya jumlah kendaraan dengan membuka parkir liar di sekitar stadion seperti  di samping RS Mitra Keluarga Barat, di Jalan Jalan Guntur.

Parkir liar juga terdapat di Jalan Tangkupan Perahu samping SMA Negeri 2 Bekasi.

Baca: Jelang Asian Games 2018, SKPD Kota Bekasi Bakal Bersih-bersih Stadion Patriot Candrabhaga

Dia mengungkapkan, agar tidak ada parkir liar saat Asian Games, pihaknya telah mengirimkan surat himbauan kepada warga Kelurahan Kayuringin di sekitar Stadion Patriot Candrabhaga, pada awal pekan ini.

"Ini kan yang manfaatkan parkir liar warga sekitar. Mangkanya kita kirim surat himbauan ke kelurahan agar bisa disosialisasikan," ucap Yayan, Rabu (18/7/2018).

"Jadi memang adanya parkir liar itu karena kapasitas parkir di stadion tidak dapat menampung semua kendaraan milik penonton. Kapasitas parkir di stadion hanya menampung 500 motor dan 500 mobil," ujarnya.

Yayan menjelaskan, Dishub Kota Bekasi sudah mengantongi skema dengan menyiapkan dua lokasi parkir di luar Stadion Patriot Candrabhaga yaitu di Summarecon dan Gedung Islamic Center.

"Kita juga sudah menyiapkan 60 anggota dari Tim Dalmas untuk memastikan area sekitar stadion tidak ada parkir liar. Kita juga siapkan dua mobil derek. Tapi, nanti kita awali dengan pengempesan ban kendaraan," kata Yayan.

Baca: Jadi Lokasi Asian Games, Media Center Stadion Patriot Candrabhaga Kota Bekasi Belum Rampung

Tidak hanya parkir liar, puluhan PKL di sekitar atau di area Stadion Patriot Candrabhaga juga ditertibkan.

Satpol PP Kota Bekasi akan melakukan sosialisasi agar tidak ada kegiatan PKL saat Asian Games 2018.

"Kita sudah jalin koordinasi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora). Nanti kita akan petakan titik relokasi PKL. Minimal awal Agustus harus sudah direlokasi," ucap Kepala Satpol PP Kota Bekasi Cecep Suherlan.

Cecep mengatakan, akan ada 100 petugas Satpol PP menjaga lingkungan ring 3 di luar venue.

"Kami juga bersinergi dengan kepolisian dan TNI untuk mendukung situasi Asian Games 2018," ucap Yayan.

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved