Breaking News:

Haji 2018

808 Orang Jemaah Haji Tiba di Embarkasi Bekasi, Idealnya Berada di Asrama 6 Jam

Sebanyak 808 orang calon jamaah haji tiba di Embarkasi Haji, Bekasi Jawa Barat pada Selasa (17/7/2018).

Warta Kota/Muhammad Azzam
Sebanyak 808 orang calon jamaah haji tiba di Embarkasi Haji, Bekasi Jawa Barat, di Jalan Kemakmuran, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, pada Selasa (17/7/2018). 

SEBANYAK 808 orang calon jemaah haji tiba di Embarkasi Haji, Bekasi Jawa Barat, di Jalan Kemakmuran, Kelurahan Marga Jaya, Kecamatan Bekasi Selatan, Kota Bekasi, pada Selasa (17/7/2018).

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat, Ahmad Buchori di Bekasi mengatakan, 808 calon jamaah yang tiba itu dari kelompok terbang (kloter) pertama dan kedua dari Sumedang dan Tasikmalaya.

"Alhamdulillah kloter pertama tiba sejak pukul 05.00, kloter kedua tiba dua jam berikutnya," ujarnya.

Ia menjelaskan, masing-masing kloter ada sebanyak 410 orang pada setiap kloter.

Masing-masing, ada 404 orang jamaah dan enam orang petugas kloter.

"Mereka hanya di sini sekitar 8 jam, nanti dijadwalkan sore berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta, kemudian pukul 01.15 WIB dini hari mereka sudah take off untuk diberangkatkan ke Tanah Suci dan kloter kedua menyusul dua jam berikutnya," ucapnya.

Bukhori menyatakan, setiap kloter minimal berada di Embarkasi Haji Bekasi Jawa Barat selama delapan jam sesuai dengan Standard of Procedure (SOP) yang ada.

Menurut dia, akan ada sebanyak 98 kloter yang datang ke Embarkasi Bekasi Jawa Barat.

Daya tampung jamaah di asrama tersebut hanya empat kloter.

"Jadi memang ini hanya dapat menampung empat kloter aja. Kemudian idealnya jemaah haji berada di asrama enam jam tapi ditambah dua jam untuk proses biometrik dan sidik jari, karena sekarang proses itu tidak dilakukan di Bandara tetapi di lokasi pemberangkatan atau embarkasi," paparnya. (m18)

Penulis: Muhammad Azzam
Editor: Hertanto Soebijoto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved